Miris Gelombang PHK, Islam Solusi Sistematis

LenSa Media News–Gelombang PHK kembali terjadi di negeri ini. Sejumlah perusahaan dan industri padat karya mengalami kritis bahkan sampai gulung tikar. Sehingga menghentikan operasional. Gelombang PHK pun tak terelakkan lagi. Dan berimbas pada aktivitas kehidupan di sekitarnya (CNN Indonesia, 14/06/24).

 

Perekonomian negeri ini menghadapi keadaan yang semakin sulit. PHK terus terjadi di berbagai perusahaan. Efisiensi operasional sebagai alasan utama kebijakan PHK diterapkan.

 

Realita yang terjadi menunjukkan janji manis para elit politik ketika kampanye tidak terbukti. Janji akan membuka lapangan pekerjaan baru yang luas hanya merupakan angan belaka. Dan UU ciptaker sama sekali tak mampu menyelesaikan masalah.

 

Ada kekeliruan paradigma dalam peran negara yang hanya sebagai regulator dan fasilitator sehingga hanya menguntungkan para kapital. Ini menunjukan kegagalan sistem ekonomi kapitalis yang hanya mengutamakan keuntungan materi tanpa memperhatikan urusan rakyatnya.

 

Sedangkan dalam pengaturan Islam, menjamin kesejahteraan rakyat melalui berbagai mekanisme yang diterapkan hukum syara’. Dengan penerapan sistem Ekonomi dan politik Islam. Karena hanya Islam yang memiliki seperangkat aturan yang lengkap tentang urusan kehidupan.

 

Mekanisme dan pengaturan yang amanah akan menjaga dan menstabilkan ekonomi dalam negeri. Pengusaha akan tetap terjaga, kesejahteraan pekerja akan tercipta. Inilah solusi dalam Islam yang sistematis ditengah gelombang PHK. Wallahua’lam bishawab .Farida, Muslimah Peduli Generasi. [LM/IF/ry]

Please follow and like us:

Tentang Penulis