Ramadan Bareng Kita, Ramadan Makin Awesome

Oleh: Ira Ummu Ridho

(Pemerhati Keluarga dan Generasi)

 

 

LenSa MediaNews__Seorang muslim sudah sepatutnya gembira menyambut kedatangan Ramadan. Allah SWT. berfirman dalam Al-Qur’an surat Al Baqarah: 183 yang artinya: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

 

 

Begitupula dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Imam Nasa’i, Rasulullah saw. bersabda: Artinya: “Telah datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi, Allah telah mewajibkan padamu berpuasa di bulan itu. Dalam bulan itu dibukalah pintu-pintu langit, dan ditutuplah pintu-pintu neraka, dan syaitan-syaitan dibelenggu. Pada bulan itu terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan.”

 

 

Bulan Ramadan yang berlimpah pahala reward dari Allah SWT. dan penuh keberkahan dalam setiap amal seorang muslim tentu jangan disia-siakan. Saatnya bagi kita menata dan membiasakan diri dengan rencana dan target amal yang awesome. Mengapa? Karena menjadikan Ramadan makin awesome bukan sebatas dengan amal yang dilakukan mengalir begitu saja alias apa adanya.

Berikut amal yang bisa kita lakukan agar Ramadan kali ini awesome:

 

 

1. Memperbanyak amal wajib dan sunah.
Ketika mempersiapkan Ramadan, kita bisa mulai menyusun amal wajib dan sunah apa saja yang dilakukan mulai dari sahur hingga menjelang berbuka puasa. Tentu segala list pilihan amal kita dipicu dengan reward berupa pahala berlipat ganda dari Allah SWT. Karena ridho Allah SWT. sebagai prioritas capaian reward amal kita.

 

 

Adapun amal wajib dan sunah yang bisa dilakukan seperti sholat wajib 5 waktu lebih disiplin waktu ditambah dzikir dan doa pilihan, membaca Al-Qur’an dan memahami isinya, berdiam diri di masjid, memperbanyak sholat sunah, berbagi makanan dengan sesama, dan amal lainnya.

 

 

2. Menambah ilmu agama dan mendakwahkannya.
Islam bukan sebatas agama namun juga memiliki beragam aturan yang harus kita ketahui dan pahami. Islam sempurna dan menyeluruh ketika membahas hal berkaitan dengan beragam aspek kehidupan ini. Hal ini sering kita kenal dengan istilah Islam kaffah.

 

 

Ramadan akan lebih bahagia jika bersama umat diatur dengan aturan Islam kaffah. Misalnya mulai dari mengawali hingga mengakhiri Ramadan bareng, mengikuti kajian seputar Islam kaffah baik meet up di darat ataupun menyimak secara online bareng dan hal lainnya.

 

 

Seperti halnya Rasullullah saw. bersama para sahabat, kita pun menuntut ilmu agama seputar Islam kaffah tidak lupa untuk menyampaikan apa yang kita pahami kepada khalayak. Hal ini lebih sering kita dengar dengan istilah mendakwahkan Islam kaffah. Karena Islam itu memberikan rahmat bagi seluruh alam, maka kita bersama jamaah dakwah yang meneladani perjuangan Rasulullah saw., berjamaah dan beraktivitas politik untuk mendakwahkan Islam kaffah di tengah umat. Tentu akan lebih efisien dan efektif daripada kita melakukan segalanya sendiri mulai dari menuntut ilmu agama sendiri hingga mendakwahkannya pun sendiri.

 

 

Mendakwahkan atau menyampaikan seputar Islam kaffah bahwasanya segala persoalan kehidupan ini telah diberikan solusinya dalam Islam. Mulai dari persoalan interaksi umat hingga ekonomi, pendidikan dan lainnya. Ini salah satu amal yang menjadikan Ramadan kita kali ini akan makin awesome.

 

 

Semoga Ramadan kali ini menjadikan kita makin bertakwa sesuai yang difirmankan oleh Allah SWT. Ramadan bareng kita, Ramadan makin awesome. Wallahu’alam.[]

Please follow and like us:

Tentang Penulis