Kesejahteraan UMKM Digadang-gadang, Tiktok Shop Dilarang

Lensa Media News–Sama-sama berdagang namun yang satu dilarang, sedangkan yang satunya diberi lampu hijau? ada apa dibalik kebijakan ini? Tentulah kita bertanya-tanya kenapa penguasa saat ini sedang merancang sebuah regulasi perdagangan yang menyasar salah satu platfrom media sosial.

 

Platfrom media sosial ini sebut saja tiktok shop disebut sebagai pihak yang menjadi saingan dagang UMKM dalam negeri. Padahal kedua aspek ini dimainkan oleh rakyat Indonesia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Tiktok telah berhasil mengerus cuan raksasa dari jalur perdagangannya. segala kemudahan mulai dari harga yang murah, ongkir yang gratis, bisa diakses atau berbelanja dari rumah telah menghipnotis para konsumen untuk beralih ke pasar Online.

 

Persiangan bebas di dunia perdagangan ala kapitalis memang kerap terjadi. Negara tidak mampu bersikap adil atau mencegah segala dampak buruknya. Membiarkan rakyat mengatur, berjuang melawan arus persaingan adalah ciri kapitalis ini. Siapa kuat dia menang dan mampu bertahan. Jika lemah maka akan tergerus bahkan hingga mati suri.

 

Sungguh perbedaan terlihat begitu jelas dari ideologi Islam yang sejatinya punya seribu cara dalam atasi berbagai problematika kehidupan. Setiap cara senantiasa bersandarkan pada Al-Qur’an dan Sunah maka sudah pasti dalam pencapaian hasilnya akan begitu signifikan. Daulah Islam tidak akan memberikan kebebasan tanpa syarat kepada pelaku ekonomi dalam memasarkan produknya. Apalagi memasukan produk luar yang sejatinya menjadi biang kerok dari melemahnya pasar dalam negeri.

 

Daulah akan memacu masyarakatnya agar lebih kreatif dan inovatif dalam menghasilkan produk. Jika memang harus menggunakan media sosial dalam pemasarannya, maka negara akan memantau dan mengarahkan agar tetap pada koridor hukum syara. Daulah Islam juga akan memfasilitasi setiap pedagang untuk mengikuti pelatihan berbasis digitalisasi agar aspek penjualan terjangkau hingga kepelosok. Sehingga para pedagang akam mendapatkan omzet yang besar. Tentunya segala bentuk usaha yang pro rakyat ini akan terwujud ketika khilafah berdiri. Allahu Akbar. Putri Rahmi DE , SST. [LM/IF/ry]

Please follow and like us:

Tentang Penulis