Kesehatan Masyarakat Tergadaikan di Sistem Kapitalisme

Lensa Media News-Meningkatnya sejumlah kasus gagal ginjal akut pada anak membuat para ibu panik dan khawatir. Penyebab gagal ginjal akut pada anak yang terjadi sekarang ini diduga karena konsumsi obat paracetamol berbentuk cair/sirup, yang mengandung zat kimia berbahaya yakni Ethylene Glycol (EG).

 

Membuat publik bertanya, mengapa baru sekarang setelah puluhan tahun obat tersebut beredar di kalangan masyarakat. Penggunaan paracetamol sudah cukup lama dengan resep dokter maupun stok pertolongan pertama pada anak demam di rumah.

 

Dalam kasus gagal ginjal pada anak ini serupa dengan munculnya Covid-19 di tengah-tengah masyarakat. Pemerintah terkesan lamban bahkan lalai dalam menjalankan tugasnya sebagai pengurus masyarakat, terutama dalam bidang kesehatan.

 

Sistem kapitalis saat ini hanya meniscayakan pemimpin yang berkuasa untuk hanya mencari manfaat dan keuntungan belaka, tanpa memedulikan masyarakat. Biaya kesehatan harus ditanggung sendiri oleh masyarakat, ditambah beban kebutuhan pokok lainnya. Solusi yang ditawarkan pun hanya menambah masalah yang baru.

 

Sehingga, tak ada solusi tuntas lain, selain mencampakkan sistem kapitalisme dan menggantinya dengan sistem Islam yang kaffah. Dimana negara akan sepenuhnya bertanggung jawab untuk menjamin kesehatan masyarakat, bukan dengan kacamata bisnis seperti saat ini. Wallahu a’lam. Nur Asiah, Bogor. [LM/IF/ry]

Please follow and like us:

Tentang Penulis