Generasi Berkualitas Lahir dari Pendidikan yang Berdasar Benar

Pendidikan merupakan kebutuhan kolektif masyarakat yang memiliki peran strategis dalam kemajuan suatu bangsa. Tinggi rendahnya martabat suatu bangsa, salah satunya ditentukan oleh kualitas yang diterapkan.

 

Melihat kondisi saat ini, pendidikan di Indonesia berada tingkat gawat darurat. Minimnya fasilitas pendidikan, biaya sekolah semakin mahal, ketidakjelasan arah kurikulum, hancurnya perilaku output pendidikan selalu mewarnai berita televisi atau pun sosial media.

 

Dikotomi penyelenggaraan pendidikan umum dan agama, arah pembuatan kurikulum yang lebih menitikberatkan penyiapan kerja bukan pembangunan karakter mewujudkan adanya sekularisasi pendidikan. Program “Merdeka belajar” yang diluncurkan pemerintah tidak lain memberikan kebebasan dalam memaknai materi pelajaran dan berujung pada perilaku dan karakter liberal tanpa ada batasan agama. Karena itu, identitas seorang muslim akan tergadaikan.

 

Islam Lahirkan Generasi Berkualitas

Kejayaan dan kehancuran suatu bangsa tergantung kepada kualitas generasi yang mengembannya, yang paling mendasar dalam menentukan kualitasnya adalah pemikiran. Pemikiran yang cemerlang akan mengantarkan suatu bangsa mencapai keunggulan dan kejayaan.

 

Salah satu kunci Islam mampu melahirkan generasi berkualitas adalah karena Islam telah meleakkan dasar yang benar dan kokoh dalam mendidik generasi. Benar, dalam arti mengarahkan generasi untuk menjadi hamba Allah yang bertauhid, tunduk dan patuh kepada syariat Allah. Kokoh, dalam makna tanggung jawab pendidikan dilakukan secara komprehensif baik oleh orang tua, keluarga, masyarakat maupun Negara. Untuk mencapai keberhasilan, maka implementasi pendidikan baik dari keluarga, lembaga pendidikan maupun kebijakan pemerintah harus mengacu pada aqidah Islam

 

Pendidikan berbasis akidah Islam dan berorientasi pada implementasi syariah dalam seluruh aspek kehidupan inilah yang akan melahirkan generasi berkualitas.

[El/LM]

 

Oleh: Ummu El Roya

Please follow and like us:

Tentang Penulis