Benarkah Indonesia Sudah Merdeka?

Tepatnya tanggal 17 Agustus 2019 diperingati sebagai hari kemerdekaan Indonesia yang ke-74. Merdeka dari serangan senjata yang dilakukan oleh penjajah.

Merdeka berarti bebas, tidak terikat, atau tidak bergantung pada yang lain. Jika menilik dari makna kemerdekaan di atas, pertanyaanya benarkah Indonesia sudah merdeka?

Secara fisik, memang kita sudah merdeka karena tidak lagi berhadapan menggunakan senjata. Namun pada hakikatnya, penjajahan bukan berupa fisik semata. Tetapi, dapat berupa penjajahan SDA, ekonomi, pemikiran, dan sebagainya. Saat ini Indonesia masih bergantung pada negara lain terutama dalam bidang ekonomi.

Bentuk penjajahan lainnya adalah penjajahan pemikiran. Penjajahan ini memiliki dampak yang berbahaya. Penjajahan pemikiran berupa pemahaman sekuler yang memisahkan peran agama dari kehidupan yang dapat menjerumuskan manusia kedalam jurang kesesatan.

Sedangkan kemerdekaan hakiki adalah terbebas dari penghambaan kepada manusia beralih menjadi penghambaan kepada Allah semata dalam setiap sendi kehidupan. Seyogyanya, peringatan hari kemerdekaan tidak sekedar seremonial belaka. Melainkan dapat mewujudkan kemerdekaan yang sebenarnya, yaitu terbebas dari penghambaan pada manusia dan ketergantungan pada negara lain, serta meratanya kesejahteraan seluruh masyarakat.

 

Dewi Sartika
Konda, Konawe Selatan

 

[LS/Ah]

Please follow and like us:

Tentang Penulis