Indonesia Tinggi Pengangguran padahal SDA Melimpah

 

Lensa Media News, Surat Pembaca- Menurut proyeksi International Monetary Fund (IMF), rasio angkatan kerja Indonesia yang menganggur pada 2024 bisa mencapai 5,2%. Angka tersebut menjadikan Indonesia sebagai negara dengan tingkat pengangguran tertinggi di Asia Tenggara.

 

Sungguh ini adalah sebuah peringkat yang memilukan sebab Indonesia dikenal sebagai Negara yang memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah, namun akibat terjadinya tata kelola yang salah sehingga sehingga tidak akan mampu menyediakan lapangan pekerjaan bagi rakyatnya.

 

Berbagai jenis SDA Indonesia seperti bahan tambang, petroleum, timah, gas alam, nikel, tembaga, bauksit, timah, batu bara, emas, dan perak di samping itu, Indonesia juga memiliki tanah yang subur dan baik digunakan untuk berbagai jenis tanaman. Wilayah perairan yang mencapai 7,9 juta km2 juga menyediakan potensi alam yang sangat besar.

 

Berbagai komoditas ini justru dikeloa dan sangat diminati oleh pasar internasional. Melalui kerjasama Indonesia dengan sejumlah investor asing dalam penggalian SDA telah menjadi bukti nyata bahwa Negara tidak akan mungkin memanfaatkan SDA untuk rakyat sendiri dalam pengelolaannya sehingga akan memberantas pengangguran di Inonesia.

 

Dalam pandangan Islam Pemimpin Negara wajib menyediakan lapangan pekaerjaan bagi warga negaranya tanpa membiarkan merika sulit memenuhi kebutuhan hidupnya. Menganggur akan menunjukkan kelemahan dan kefakiran.

 

Pemahaman Islam yang begitu sempurna diatas akan terealisasi dengan hadirnya sebuah institusi global yang akan dipimpin oleh seorang pemimpin yang memahami Islam secara sempurna, hukum syara akan menjadi acuan dalam perisai kepemimpinannya. Pemimpin ini akan melahirkan sebuah kebijakan yang akan pro dengan kesejahteraan rakyatnya.

 

Putri Rahmi DE, SST

 

[LM,Hw]

Please follow and like us:

Tentang Penulis