Rapuhnya Sistem Merusak Mental Masyarakat 

LenSa Media News–Angka suicide rate atau tingkat bunuh diri di Bali menjadi yang paling tinggi di Indonesia.

 

Data Pusat Informasi Kriminal Indonesia (Pusiknas) Polri menyebut laporan kasus bunuh diri di Bali sepanjang 2023 angkanya mencapai 3,07. Suicide rate atau tingkat bunuh diri dihitung berdasarkan jumlah kasus bunuh diri dibandingkan dengan jumlah penduduk.

 

Angka tersebut jauh melampaui provinsi-provinsi lain di Tanah Air. Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menempati peringkat kedua jumlah tingkat kasus bunuh diri, dengan angka suicide rate sebesar 1,58.

 

Semakin maraknya kasus bunuh diri menunjukkan bahwa lemahnya mental masyarakat hari ini. Fakta yang terjadi hari ini menunjukkan bahwa sangat beratnya menjalankan kehidupan karena beragam persoalan mulai dari permasalahan ekonomi hingga yang lainnya.

 

Sistem yang diterapkan hari ini sangat rusak sehingga tidak mampu menjamin kesejahteraan mental masyarakat. Sistem yang rapuh hari ini, membuat masyarakat lemah mental sehingga banyak masyarakat dalam menyelesaikan persoalan pribadi mengambil jalan bunuh diri, ini salah satu bukti lemahnya mental masyarakat pada saat ini.

 

Islam memberikan kehidupan terbaik melalui terwujudnya sistem kesehatan Masyarakat. Kesejahteraan Masyarakat sangat diperhatikan dalam Islam serta terpenuhinya jaminan untuk menjaga setiap jiwa dan raga yang sehat. Apriani. [LM/EH/ry].

Please follow and like us:

Tentang Penulis