Lensa Media News, Surat Pembaca-Sepanjang Juli ini telah terjadi begitu banyak kasus kriminal di berbagai sudut negeri. Mulai dari pencurian hingga kasus sadis seperti pembunuhan dan mutilasi. Setelah ditelisik, kebanyakan kejahatan terjadi disebabkan masalah ekonomi, sifat rakus, dan iri hati.

Akan tetapi, apakah permasalahan ini hanya sesederhana itu? Tentu saja, tidak. Jika kita bedah lebih dalam lagi, ini merupakan permasalahan kompleks yang mengarah pada satu penyebab yang sama. Ialah sistem sekuler-kapitalis yang menaungi masyarakat saat ini. Sistem yang menjadikan materi sebagai orientasi hidup dan memisahkan agama dengan kehidupan. Sehingga setiap orang secara tidak langsung akan digiring untuk selalu berlomba-lomba mendapatkan sesuatu yang lebih tanpa harus memedulikan segala bentuk rambu-rambu. Sistem ini pula ternyata belum mampu memberikan tindakan kuratif atau sanksi yang memberikan efek jera kepada pelaku. Oleh karena itu, tidak dimungkiri akan muncul kejadian yang sama di kemudian hari.

Inilah mengapa kasus-kasus kriminal terus menjamur di negeri ini. Maka dari itu solusi yang digunakan juga harus dapat memperbaiki dari akar-akarnya. Yaitu diperlukannya sistem yang tegas dalam menetapkan hukum serta menciptakan kesejahteraan dan rasa aman bagi seluruh rakyatnya.

Nida Shofia Hasna,

Yogyakarta

[LM, Hw]

Please follow and like us:

Tentang Penulis