Lensa Media News-Kematian lebih dari 100 anak dengan vonis gagal ginjal misterius yang diduga diakibatkan oleh obat jenis sirup/cair merupakan tragedi besar untuk bangsa ini. Hilangnya nyawa ratusan anak yang tidak bersalah ini haruslah ditegakkan keadilan atasnya. Terutama untuk pihak yang memiliki tanggungjawab di dalamnya yaitu pemerintah, kementerian kesehatan dan juga BPOM.

 

Pemerintah harus mengusut tuntas masalah ini hingga ke akar masalahnya. Dan siapapun atau apapun yang terlibat di dalamnya harus ditindak tegas. Begitu pula dengan Kemenkes dan BPOM yang menjadi pintu keluar bagi semua obat untuk beredar luas di masyarakat. Bahkan bukan hanya obat, semua produk yang dikonsumsi oleh masyarakat harus telah dipastikan keamanannya.

 

Jika telah dipastikan, maka keamanan produk juga harus selalu dikontrol dan dijaga agar tidak ada kasus kecolongan. Salah satunya dengan melakukan random sampling secara berkala.

 

Oleh karena itu, menjaga keamanan semua produk bagi masyarakat adalah tugas bersama. Pemerintah, Kemenkes serta BPOM harus bersinergi untuk menjadi peyangga utama terlaksananya keterjaminan produk ini. Karena di dunia ini tidak ada harga yang semahal nyawa. Tanggungjawab negaralah untuk menjaganya. Permani Mika. [LM/IF/ry].

Please follow and like us:

Tentang Penulis