Pemerintah di tengah pandemi sedang mencanangkan pembangunan hunian untuk ASN seluas 101 hektar, 8 hektar sebagai fasilitas umum dan sosial, 26 hektar bukit bendera dan sumbu kebangsaan, serta 10 hektar sebagai sumbu Tripraja (lahan untuk gedung eksekutif, yudikatif dan legislatif) Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur tahun 2024.

Terkait pendanaan dalam merealisasikan pembangunan Ibu Kota Negara baru tersebut, didapat dari Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Setelah badan otorita terbentuk maka akan menggunakan dana yang datangnya dari investor, tutur Hedy Rahadian, Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR.

Berbeda halnya, Pendiri Narasi Institute, Sekaligus Ekonom Senior, Fadhil Hasan, hal ini hanya akan menambah beban perekonomian dan persoalan yang lebih rumit bagi pemerintah karena tidak memiliki kapasitas ekonomi dan keuangan yang memadai, utang pemerintah terus meningkat, penerimaan negara dari sektor pajak justru semakin menurun diukur dari tax rationya, selain itu, sumber daya juga semakin terbatas dan negara sedang dihadapkan pada upaya penanganan kesehatan dan pemulihan ekonomi.

Islam mengharuskan sebuah negara mengelola negaranya sendiri dan tidak menyerahkannya kepada negara lain, karena utang luar negeri dan investasi sesungguhnya merupakan bagian dari bentuk penjajahan gaya baru yang dilancarkan oleh negara kafir terhadap negeri-negeri muslim.

 

Ngasri Widianingsih,
(Musi Banyuasin, Palembang) 

 

[hw/LM]

Please follow and like us:

Tentang Penulis