Ambillah Pelajaran dari Lonjakan Covid-19 Di India

Oleh Puji Yuli

 

Lensa Media News – Saat ini kaum Muslim di Indonesia dan di India sedang berada di bulan suci ramadan. Mereka menjalani ibadah puasa di tengah pandemi virus Covid-19 yang belum tau kapan akan berakhir. Apalagi virus Covid-19 ternyata ada varian baru yang penyebarannya semakin cepat. Penyebaran varian baru Covid-19 ini terjadi di India dan menghasilkan ledakan kasus harian terbesar di dunia.

Hal ini bisa kita lihat dari data Worlmeter per rabu pagi 21 April 2021, pasien positif Covid-19 di India telah menyentuh 15,6 juta kasus dengan lebih dari 182 ribu orang meninggal. Kondisi itu membuat India berada di urutan kedua negara dengan jumlah kasus covid 19 tertinggi setelah Amerika Serikat (AS). Anggota Majelis Tinggi DPP Partai Nasdem ini sejumlah negara yang berhasil menekan penularan Covid-19 kembali menghadapi lonjakan kasus akibat masyarakatnya tidak disiplin protokol kesehatan. Sinergi pemerintah dan masyarakat penting untuk menegakkan disiplin protokol kesehatan (https://www.medcom.id/nasional/politik/yKXDanaK-rerie-indonesia-perlu-belajar-dari-ledakan-kasus-covid-19-di-india).

Padatnya penduduk, besarnya mobilitas dan kondisi kemiskinan yang terjadi di India serupa dengan kondisi yang ada di Indonesia. Adanya lonjakan kasus Covid-19 di India seharusnya bisa memberikan pelajaran bagi Indonesia untuk lebih serius dalam menangani dan mengendalikan Covid-19. Perlu adanya keseriusan bagi pemerintah Indonesia untuk mengambil kebijakan yang komprehensif untuk mengendalikan dan menghentikan penyebaran virus Covid-19.

Disamping adanya disiplin protokol kesehatan, mencuci tangan dengan sabun maupun menjauhi kerumunan juga perlu dilakukan oleh masyarakat. Akan tetapi, pemerintah perlu melakukan pengendalian dengan ketat atas WNA dari India yang mau masuk ke Indonesia. Selain itu, pemerintah perlu serius untuk menanggulangi penyebaran virus Covid-19 di negeri ini . Mengingat mutasi virus Covid-19 varian baru yaitu B1617 ini lebih cepat penularannya. Apalagi saat ini 10 WNI terpapar mutasi virus korona seperti di negara India.

Ada baiknya, pemerintah melakukan langkah-langkah pengendalian atas mutasi varian baru Covid-19. Karena pemerintah sebagai pemimpin yang mempunyai tanggung jawab besar pada kondisi kesehatan rakyat yang dipimpinnya. Pemerintah Indonesia perlu mengambil pelajaran dari lonjakan virus covid 19 yang terjadi di India. Hal ini dilakukan agar rakyat Indonesia tidak mengalami kejadian serupa di India.

Selain itu, pemerintah bisa belajar dari Islam yang pada masa Rasulullah Saw. bisa menangani wabah penyakit tha’un yang melanda masyarakat Madinah. Akan tetapi, Rasulullah Saw. sebagai pemimpin mampu menangani dan mengendalikan kondisi itu. Semoga pemerintah sebagai pemimpin mampu mengambil pelajaran dan memberikan pelayanan terbaik pada rakyatnya di bidang kesehatan agar negeri ini bisa bebas dari Covid-19 dan tidak mengalami kejadian seperti yang terjadi di India terkait lonjakan Covid-9. [LM/Mi]

Please follow and like us:

Tentang Penulis