Benarkah Indonesia Sudah Merdeka?

Sejak dibacakannya teks proklamasi kemerdekaan RI 74 tahun silam, tentu semua yakin bahwa negeri ini sudah merdeka dari segala penjajahan secara fisik. Namun, benarkah Indonesia sudah benar-benar merdeka?

Secara ekonomi, negeri kita masih menganut sistem ekonomi kapitalis liberal, yang tidak lain merupakan produk barat. Maka, kebijakan ekonomi negeri ini pun tunduk dibawah tekanan lembaga keuangan internasional macam IMF. Investor bebas keluar masuk. Akibatnya, SDA sebagian besar bahkan hampir seluruhnya dikuasai oleh para investor ini.

Secara budaya, pemikiran liberal sekuler dan budaya barat telah berhasil meracuni generasi. Remaja disuguhi segala macam bentuk hiburan dan kebebasan. Ancaman seks bebas dan hidup hedonis membidik remaja. Kehancuran generasi muslim nyata di depan mata. Ketahanan akidah terkikis oleh pemikiran sekuler barat.

Pendidikan yang seharusnya dinikmati oleh seluruh rakyat, nyatanya hanya orang-orang borjuis yang mampu mengenyam dunia pendidikan. Sementara orang miskin lebih memilih menghabiskan waktu demi sesuap nasi. Jangankan pendidikan, untuk makan saja sudah sangat sulit.

Ini menunjukkan bahwa negeri ini belum merdeka sepenuhnya. Idealnya, negara merdeka itu tidak hanya bebas dari penjajahan fisik saja. Tetapi juga, terbebas dari tekanan negara-negara penjajah dalam bentuk investasi dengan tujuan untuk menguras kekayaan alam. Bebas dari jeratan utang luar negeri yang mencekik leher. Bebas mengelola sumber daya alam untuk kepentingan dalam negeri sendiri. Terbebas dari jeratan hawa nafsu untuk membuat aturan dalam segala aspek kehidupan.

Dengan demikian, jika penguasa saat ini masih bepegang erat pada sistem demokrasi sekuler yang merupakan pintu masuknya penjajahan gaya baru, maka ini tak lebih hanya kemerdekaan semu. Karena itu, hanya dengan penerapan Islam secara kaffah kemerdekaan hakiki itu akan diraih. Dan segala bentuk penjajahan tak akan terjadi lagi.

Wallahu a’lam.

Hamsina Halik, Mamuju, Sulawesi Barat

[LS/Ry]

Please follow and like us:

Tentang Penulis