Bau Sampah, Siapa yang Salah?

 

Setelah beberapa waktu lalu jagat raya digegerkan dengan maraknya impor sampah yang masuk ke negeri kita. Hal ini menjadi salah satu indikasi lemahnya kebijakan negara. Kali ini masih berkutat dengan kasus sampah sebagai pemicu masalah. Hal serupa terjadi.

Di Kabupaten Kebumen misalnya, sampah juga masih menjadi masalah terkini. Menumpuknya sampah di saluran irigasi pasar Wonikriyo menimbulkan bau sehingga dikeluhkan oleh warga karena dirasa mengganggu kenyamanan. Menurut warga irigasi tersebut bau dikarenakan minimnya kesadaran warga dalam hal kebersihan.

Sehingga membuang sampah di saluran irigasi yang pada akhirnya menimbulkan bau tidak sedap. Hal ini seperti yang dikutip kebumenekspres.com (26/07). Jika sudah begini siapa yang salah? Pemerintah yang gagal dalam memberikan ri’ayah atau kesalahan individu?.

Dalam Islam melestarikan lingkungan dan menjaga kebersihan adalah sebagian dari iman. Lebih dari itu negara wajib menjaga kenyamanan serta ketentraman lingkungan. Serta adanya keimanan yang kuat dalam diri individu akan menjadikannya berahlak mulia sehingga akan menyadari bahwa membuang sampah tetap harus sesuai dengan ketentuan syariah.

Wallahu’alam.

 

Shafiyyah AL Khansa, Kebumen

 

[LN/Fa]

Please follow and like us:

Tentang Penulis