Biaya Pendidikan Melambung, Generasi Limbung

LenSa Media News–Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mendukung wacana student loan atau pinjaman online (pinjol) kepada mahasiswa untuk membayar uang kuliah.

 

Hal itu diungkap merespons dorongan DPR RI kepada Kemendikbudristek RI menggaet BUMN terkait upaya pemberian bantuan dana biaya kuliah untuk membantu mahasiswa meringankan pembayaran. “Pokoknya semua inisiatif baik untuk membantu kesulitan mahasiswa harus kita dukung gitu termasuk pinjol,”kata Muhadjir di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (2/7).

 

Dari pernyataan di atas bahwa solusi dari biaya pendidikan yang tinggi hari ini adalah dengan melakukan pinjaman online. Dari pernyataan tersebut mendorong generasi hari ini melakukan pinjaman demi bisa mendapatkan pendidikan dan hal ini akan mendorong generasi hari ini terjerat dalam hutang dan memungkinkan terjadi mahasiswa sibuk dalam melunasi hutang, ketika hutang sudah terlalu banyak, mahasiswa bisa melakukan langkah bunuh diri karena merasa masalah yang dihadapi tidak bisa diselesaikan.

 

Tentu jelas sistem Kapitalis hari ini sangat rusak dalam penerapannya, pendidikan di masa kini terasa sangat menyusahkan.

 

Berbeda dengan sistem Islam yang mampu menerapkan kesejahteraan bagi mahasiswa dari segi pendidikan sangat mudah dalam Islam. Mulai dari sarana dan prasarana diperhatikan dalam Islam.

 

Solusi tuntas dalam masalah pendidikan hari ini adalah dengan kembali menerapkan sistem Islam di tengah-tengah umat agar mampu menyelesaikan segala permasalahan baik dalam pendidikan maupun dengan masalah yang lain. Apriani. [LM/EH/ry].

Please follow and like us:

Tentang Penulis