Oleh : Mega Puspita

 

LenSa MediaNews__ Hari Ahad 25 Agustus 2024, Komunitas Remaja ‘Smart With Islam Bandung’ mengadakan kajian dengan judul “Who am I?“. Acara dilaksanakan di Taman Lampion Lapangan Tegalega, Kota Bandung dan dihadiri oleh peserta pelajar dari mulai SMP hingga mahasiswa.

 

Kajian dimulai pada pukul 09.00 WIB yang dipandu oleh Teh Ecy sebagai MC. Dilanjutkan dengan pembukaan dan pembacaan ayat suci Al-Qur’an surat Al-Hujurat ayat 13 oleh Teh Nurul.

Kajian kali ini berjudul ‘Who am I”, materi ini bertujuan untuk mengokohkan akidah & semakin mengenal siapa diri. Materi disampaikan oleh Teh Hani sebagai pemateri.

 

Di awal materi, Teh Hani mengajak interaksi peserta dengan bertanya ‘siapa sih diri kita?’ dan beberapa peserta pun aktif menjawab siapa dirinya. Teh Hani menyampaikan untuk mendapatkan jawaban cemerlang siapa diri kita, itu harus diawali dengan menjawab 3 pertanyaan mendasar yaitu : dari mana kita berasal, untuk apa kita diciptakan dan akan ke mana setelah kehidupan.

 

Setelah menjawab 3 pertanyaan mendasar tersebut, kita akan mendapatkan jawaban yang cemerlang yaitu kita akan menyadari bahwa kita adalah hamba Allah, maka sebagai hamba-Nya, tugas kita adalah menjalankan seluruh syariat-Nya.

Teh Hani menjelaskan dengan lebih rinci bahwa syariat itu terdiri terdari 3 aspek habluminallah (hubungan dengan Allah), habluminannas (hubungan dengan sesama manusia), dan hablum binafsihi (hubungan dengan diri sendiri).
Allah juga memberikan kita potensi berupa akal, gharizah (naluri) dan hajatul ‘udhowiyah yang bisa kita optimalkan untuk mencapai tujuan hidup kita sebagai seorang hamba-Nya.

 

Di akhir, Teh Hani menekankan bahwa di dalam Islam semua ada aturannya. Setelah mengenali diri dan memahami tujuan hidup di dunia sebagai seorang hamba, maka tugas kita adalah berusaha menjalankan syariat-Nya dalam setiap aspek kehidupan, memanfaatkan potensi yang telah Allah beri, maka prestasi dan cita-cita bisa terwujud dengan baik, dengan tujuan utama mengharapkan keridaan Allah dan senantiasa bersyukur atas nikmat kehidupan yang telah Allah berikan.

 

Setelah materi selesai, dilanjutkan dengan ‘Sesi Curhat’ yaitu setiap peserta menuliskan keresahan diri, atau hal apapun yang ingin disampaikan di selembar kertas. Lalu MC membacakan 3 curhatan terbaik dan dibahas oleh pemateri. Lalu ada sesi tanya jawab, pembagian hadiah untuk peserta. Terakhir acara ditutup dengan berdoa, foto bersama dan bermusafahah.

Please follow and like us:

Tentang Penulis