Tarif Tol Naik Menjelang Mudik, Rakyat Makin Tercekik

Kenaikan harga pada bahan pangan menjelang bulan puasa membuat rakyat mengeluh tentang sulitnya mencukupi kebutuhan rumah tangga. Kenaikan harga meliputi beras, telur, dan daging. Mirisnya, ditengah kenaikan harga bahan pangan yang meroket, rakyat kini harus dihadapkan pada naiknya tarif pada sejumlah ruas jalan tol.

Kebijakan kenaikan tarif tol ini tentu saja akan berdampak pada naiknya biaya logistik dan operasional, yang secara tidak langsung akan berdampak juga pada kenaikan harga sejumlah komoditas. Ditambah lagi, tarif ruas jalan tol yang dinaikkan merupakan jalan strategis yang banyak digunakan masyarakat untuk mudik setiap tahun.

Kenaikan tarif tol menjelang musim mudik akan membuat pengeluaran masyarakat selama bulan puasa menjadi semakin membengkak.

Dalam Islam, infrastruktur jalan merupakan sarana yang dibangun untuk memberikan kemudahan bagi rakyat. Namun, bagaimana jika keberadaan infrastruktur tidak menjadi sebuah kemashlahatan? Malah justru menjadikan kehidupan masyarakat semakin sulit dengan tarif yang mengalami kenaikan ditengah kenaikan bahan pangan?

Pemerintah khususnya, perlu mengkaji ulang atau menunda kebijakan kenaikan tarif tol ini karena kenaikan tarif tol ini berpotensi memengaruhi harga berbagai macam kebutuhan masyarakat yang sudah mengalami kenaikan sebelumnya. Jika tarif tol naik, bukan tidak mungkin harga kebutuhan yang tadinya sudah naik akan bertambah naik. Hal inilah yang membuat masyarakat seperti tercekik, apalagi menjelang musim mudik.

 

Putri R

 

[LM/nr]

Please follow and like us:

Tentang Penulis