Lensa Media News—Pada Peringatan Hari Ibu ke-95 Tingkat Kabupaten Bandung yang digelar di Dome Bale Rame, Soreang, Jumat (22/12/2023). Dadang Supriatna mengatakan “Berdasarkan data dari Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Bandung dari Januari hingga Oktober 2023 terjadi 73 kasus kekerasan yang menimpa anak-anak dan 10 kasus KDRT (Kekerasan Dalam Rumah Tangga). Artinya ibarat gunung es kekerasan terhadap perempuan dan anak terjadi. Belum lagi kasus-kasus yang dilaporkan oleh DP2KBP3A,” (KejakimpolNews.com).

 

Hari Ibu 2023 ini, tema yang diusung oleh KemenPPPA adalah “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju”. Menurut KemenPPPA, tema ini diharapkan akan memberikan inspirasi kepada semua pihak untuk terus mendukung perempuan dan menyadari pentingnya peran mereka dalam mencapai kemajuan Indonesia.

 

Ada empat subtema Peringatan Hari Ibu (PHI ) tahun ini dan semuanya masih lekat dengan isu kebebasan, kesetaraan gender, kemandirian secara ekonomi, keterlibatan perempuan dalam dunia politik, dan berbagai hal lainnya yang sejatinya berujung kepada eksploitasi perempuan itu sendiri.

 

Islam memberikan kedudukan mulia kepada kaum perempuan yaitu ummu wa’rabatul bait. Sehingga seorang ibu harus memiliki keimanan dan ketaqwaan yang kuat. Agar dapat memahamkan anak-anaknya akan hakikat hidup dan tujuan hidup yang benar dan selalu taat pada aturan Allah juga menjauhi larangan-Nya.

 

Sistem kapitalisme membuat peran ibu sebagai pendidik generasi masa depan tidak dapat dijalankan dengan maksimal. Sebab dengan berbagai problematika kehidupan terutama perekonomian keluarga membuat kaum ibu terkadang berperan dominan diluar rumah. Sehingga tersita sekali waktunya untuk berperan sebagai pendidik anak-anaknya di dalam rumah.

 

Sehingga apresiasi terbaik untuk para ibu adalah dengan menerapkan Islam secara kaffah agar peran utama dan mulia seorang ibu sebagai pendidik anak-anaknya dapat terlaksana dengan optimal. Agar ibu bisa mencetak generasi yang beriman dan bertaqwa sekaligus generasi yang siap membela agama Allah SWT. Wallahualam bissawab. Khansa Ayumi , Muslimah Bandung .  [LM/ry].

Please follow and like us:

Tentang Penulis