Oleh : Mega Puspita

 

 

LensaMediaNews__Pada hari Ahad, 24 September 2023, Komunitas Smart With Islam Bandung mengadakan kajian dengan judul “Finding Idol“. Acara dilaksanakan di Madrasah Ar-Rahmah Jalan Terusan Sukaati, Kota Bandung dan dihadiri oleh peserta pelajar.

 

 

Kajian dimulai pada pukul 08.30 WIB yang dipandu oleh Teh Mega sebagai MC. Dilanjutkan dengan pembukaan dan pembacaan ayat suci Al-Qur’an surat Al-Ahzab ayat 21 oleh Teh Nabila.

 

Materi dibawakan oleh Teh Nurul, dibuka dengan pertanyaan ‘Apa itu idol?’ kepada peserta dan disampaikan definisi idol menurut KBBI. Lebih lanjut Teh Nurul menjelaskan tentang ‘bolehkah kita mempunyai idola?’ Menurut Teh Nurul, sebagai remaja boleh untuk memiliki idola atau role model karena itu merupakan proses mencari jati diri. Namun sebagai seorang muslimah, ketika memiliki idola jangan sekedar mengidolakan saja, tetapi haruslah memiliki idola yang dapat membawa diri kita kepada kebaikan dunia dan akhirat dan tentu harus sesuai dengan hukum syara‘.
Di sekian banyaknya idola yang diidolakan remaja sekarang yang kebanyakan adalah artis korea, Teh Nurul menyampaikan bahwa seseorang yang tepat kita idolakan adalah Rasulullah saw, yang menjadi idola para idola.

 

Di akhir materi Teh Nurul menyampaikan alasan, kenapa harus mengidolakan Rasullah saw, karena Rasulullah adalah sosok yang luar biasa, sosok yang dapat menolong ketika di akhirat kelak, sehingga kita wajib untuk mencintainya lebih dari mahluk lainnya. Dan juga jangan sampai kita mencintai idol melebihi cinta kita kepada Allah dan Rasullah saw.

 

Setelah pemaparan materi selesai, dilanjutkan tanya jawab dan games. Gamesnya adalah matching game, yaitu mencocokkan tokoh-tokoh Islam dengan karakteristik nya. Gamesnya bertujuan untuk mengenalkan tokoh-tokoh Islam hebat yang bisa jadi idola juga untuk para remaja. Peserta antusias mengikuti gamesnya dan menjawab soal games dengan benar. Di akhir acara, ada pembagian hadiah untuk pemenang games dan peserta teraktif ketika materi dan tanya jawab. Acara ditutup dengan berdoa, foto bersama dan bermusafahah.

Please follow and like us:

Tentang Penulis