Teladani Nabi, Bukti Cinta Hakiki

Oleh: Lulu Nugroho

 

LensaMediaNews__Peringatan Maulid Nabi di Masjid Raya Bandung dihadiri ratusan muslimah dari beberapa majelis taklim. Acara pengajian yang digelar Majelis Taklim Lentera Qur’an (MTLQ) pada Ahad, 1 Oktober 2023 ini bertema ‘Teladani Nabi, Bukti Cinta Hakiki’

 

 

Ustazah Indira Sabet Rahmawaty, M. Ag mengutip tulisan Imam Al-Qadhiyat dalam Kitab Asy-Syifa yang menyatakan bahwa, tanda seseorang cinta kepada Nabi adalah meneladani dan mempraktikkan sunnahnya atau yang disebut ittiba‘.

 

 

Dalam Qur’an surat Ali Imran ayat 31, Allah SWT menguji siapapun yang menyatakan bahwa ia mencintai Allah, agar mengikuti Nabi saw. Jika ia tidak melakukan hal yang demikian maka dikatakan bahwa ia berdusta.

 

 

Ustazah melanjutkan bahwa bukti cinta yang sebenarnya atau haqqul ittiba’ terbagi dalam 3 dimensi, yakni dimensi 1 tentang hubungannya dengan Allah SWT. Dimensi 2 yaitu hubungan manusia dengan dirinya sendiri pada perkara pakaian, makanan dan akhlak. Serta pada dimensi 3 yang mencakup hubungan manusia dengan sesama pada perkara ekonomi, hukum, pidana, sosial, pemerintahan dan lain sebagainya. Penerapan seluruh dimensi itulah yang disebut dengan Islam kaffah.

 

 

Buah ittiba‘ adalah cinta dan mendapat ampunan Allah SWT. Dan tidak dikatakan cinta jika tidak mengambil seluruh risalah, atau mengambil sebagian saja, atau mencampuradukkan Islam dengan kekufuran, dan terakhir adalah mendustakan serta membenci risalah.

 

 

Ibu-ibu peserta taklim antusias mengikuti acara dan mengajukan banyak pertanyaan. Ustazah mengakhiri pemaparannya dengan pertanyaan Rasulullah dari riwayat Anas bin Malik, yang dikutip dari Kitab Ar-Risalah dari Imam Al-Qusyairi, “Kapan aku akan bertemu para kekasihku?”

Para sahabat menjawab, “Bukankah kami adalah para kekasihmu?”

Rasul menjawab, “Kalian adalah para sahabatku. Kekasihku adalah mereka yang tidak pernah melihatku tetapi mereka percaya padaku. Dan kerinduanku pada mereka lebih besar.”

Please follow and like us:

Tentang Penulis