Membangun Iman Sekokoh Karang

Oleh Siska Juliana

 

 

LensaMediaNews__Pada pagi hari, Ahad, 17 September 2023, Komunitas Smart With Islam mengadakan kajian dengan tema “Membangun Iman Sekokoh Karang”. Acara yang dilaksanakan di Masjid Jami At-Turmudzi, Cibuntu, Kota Bandung, Jawa Barat ini dihadiri oleh puluhan peserta pelajar dan mahasiswa.

 

 

Kajian diawali dengan pembukaan dan pembacaan ayat suci Al-Qur’an surah Ghafir ayat 67. Selanjutnya, para peserta mengikuti games agar meningkatkan fokus dan semangat yang dipandu oleh MC.

 

 

Materi dibawakan oleh Teh Annisa. Pertama-tama ia menceritakan kisah sahabat, yaitu Bilal bin Rabbah dan Mush’ab bin Umair. Teh Annisa menggambarkan begitu kuatnya keimanan kedua sahabat tersebut.

 

 

Lebih lanjut, Teh Annisa menjelaskan bagaimana caranya agar kita dapat beriman seperti Bilal dan Mush’ab, caranya yaitu dengan berpikir. Bukan dengan asal berpikir, tetapi berpikir menyeluruh terkait manusia, kehidupan, dan alam semesta. Juga berpikir tentang keterkaitan antara ketiganya dengan sesuatu yang ada sebelum alam kehidupan dan sesudah kehidupan.

 

 

Teh Annisa menyampaikan setelah kita melalui proses berpikir tersebut, maka kita akan mengetahui dari mana kita berasal, untuk apa kita hidup, dan akan ke mana kita setelah meninggal.

 

 

Setelah pemaparan materi selesai, acara dilanjutkan dengan kelas hobi. Ada dua kelas hobi, yaitu kelas tahsin dan video editing. Para remaja diberi kebebasan untuk memilih kelas sesuai dengan minatnya. Mereka mengikuti kelas dengan sangat antusias.

 

 

Ketika kelas hobi berakhir, para remaja dikumpulkan kembali. Kemudian ada pembagian doorprize bagi remaja yang dapat menjawab pertanyaan dari pemateri, berani untuk bertanya hal-hal yang belum dimengerti, dan yang fokus menyimak materi. Acara ditutup dengan berdoa, foto bersama, dan bermusafahah.

Please follow and like us:

Tentang Penulis