Oleh: Siska Juliana

 

LensaMediaNews__Pada pagi hari, Ahad, 20 Agustus 2023, Komunitas Smart With Islam mengadakan kajian dengan tema “Dewasa Itu Pilihan”. Acara yang dilaksanakan di kawasan Cijerah, Kota Bandung, Jawa Barat, ini dihadiri oleh puluhan peserta pelajar.

 

 

Kajian diawali dengan games agar meningkatkan fokus dan semangat para peserta.
Materi dibawakan oleh Teh Manda.
Pertama-tama ia menggambarkan kondisi anak remaja yang merasa dirinya paling dewasa. Sebaliknya, ada juga yang merasa dirinya paling bocah. Semua itu terjadi karena pemahaman dan keadaan orang yang berbeda-beda.

 

 

Lebih lanjut, Teh Manda menjelaskan pengertian dewasa dalam pandangan Islam. Dewasa adalah orang yang sudah dikenai taklif (beban) hukum atau disebut mukallaf. Dalam fase ini, semua pilihan perbuatan akan dimintai pertanggungjawaban.

 

 

Teh Manda menyampaikan sikap dan pemikiran yang harus diemban oleh orang yang sudah menginjak fase dewasa. Tujuannya agar tidak salah dalam menentukan pilihan hidup. Pembawa acara juga menambahkan bahwa para remaja harus senantiasa memanfaatkan masa muda dengan kegiatan yang postitif dan bisa mendekatkan diri kepada Allah SWT

 

 

Setelah pemaparan materi selesai acara dilanjutkan dengan kelas tambahan. Ada dua kelas tambahan, kelas bahasa arab dan video editing. Para remaja diberi kebebasan untuk memilih kelas sesuai dengan minatnya. Mereka mengikuti kelas dengan sangat antusias.

 

 

Ketika kelas tambahan berakhir, para remaja dikumpulkan kembali. Kemudian ada pembagian doorprize bagi remaja yang dapat menjawab pertanyaan dari pemateri dan berani untuk bertanya hal-hal yang belum dimengerti.
Acara ditutup dengan berdoa, foto bersama dan bermusafahah.

Please follow and like us:

Tentang Penulis