Dengan Spirit Hijrah, Siapkan Generasi Berislam Kaffah


Oleh: Lulu Nugroho

 

 

LensaMediaNews__Pada pagi hari, Ahad, 30 Juli 2023, para ibu yang tergabung dalam Forum Ukhuwah Muslimah (FUM), berkumpul di kawasan Lengkong, Bandung, Jawa Barat, mendiskusikan perihal hijrah. Tahun baru hijriah senantiasa diharapkan menjadi momen perubahan bagi kehidupan umat.

 

Maka hal ini pula yang menjadi perhatian  ibu-ibu FUM, yang terdiri dari kalangan praktisi pendidikan, mubalighah, Ketua Majlis Taklim dan tokoh-tokoh umat.
Tema kajian pagi ini adalah ‘Dengan Spirit Hijrah, Siapkan Generasi Berislam Kaffah’,  dilaksanakan secara tatap muka sekaligus pertemuan melalui ruang zoom.

 

Diawali dengan pemaparan materi oleh Ibu Waljanah selaku pemerhati dan praktisi  pendidikan, yang menyampaikan fakta generasi saat ini. Ada yang berprestasi, namun ada juga yang memiliki masalah, sehingga muncul labeling atau julukan  terhadap mereka yaitu: generasi strawberi, generasi merunduk, sumbu pendek, krisis akhlak, pergaulan bebas, dan sebagainya.

 

Lebih lanjut ibu Waljanah menyampaikan bahwa kita tidak boleh membiarkan anak-anak begitu saja dengan permasalahan mereka, akan tetapi membersamai generasi adalah sebuah keharusan, sebab mereka adalah orang-orang yang layak dicintai.

 

Ustazah Lia sebagai pemateri kedua, menyampaikan betapa sulitnya proses hijrah yang dilaksanakan Rasulullah saw. beserta para sahabat, pada waktu itu. Mereka bertaruh nyawa, semata-mata dengan tujuan agar Islam sampai kepada kita.

 

Ustazah Lia pun menyampaikan bahwasanya problem generasi saat ini tak lepas dari penerapan sistem yang salah, yaitu sekularisme. Ketika Islam tidak lagi dijadikan sebagai pegangan, maka persoalan umat pun tak kunjung usai.

 

Ibu pembawa acara menjelaskan pula bahwasanya generasi muda saat ini sedang tidak baik-baik saja. Maka perlu menyamakan persepsi untuk memperbaiki kondisi, kemudian mengambil langkah-langkah yang terarah, kepada perubahan  hakiki.

 

Generasi muda adalah calon pemimpin peradaban. Di pundak merekalah kelak beban kebangkitan umat akan ditegakkan. Hanya Islam yang mampu menuntaskan persoalan kepemudaan, serta menjadikan generasi muda muslim sebagai pemimpin umat.  Allahumanshurnaa bil Islam.

Please follow and like us:

Tentang Penulis