Doyan Jajanan? Hati-Hati, Gais!

Oleh : Hasna Dieni R

 

LensaMediaNews__Pada Ahad tanggal 25 Juni 2023 lalu Komunitas Smart With Islam wilayah Regol Lengkong Bandung, Jawa Barat, telah menyelenggarakan acara yang berjudul “Doyan jajanan? Hati-Hati Gais!” Dan yang menjadi narasumbernya adalah Kak Syifa dan Kak Nurul.

 

 

Acara yang dilaksanakan di Taman Lampion Tegalega Bandung ini dihadiri puluhan  peserta pelajar. Sebelum acara dimulai, para peserta dicek kesehatan secara gratis. Mulai dari pengukuran tinggi badan, berat badan dan juga tensi darah.

 

 

Pembahasan pun tidak kalah menarik sebagaimana judulnya sendiri. Setelah acara dibuka oleh MC dan lanjut pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh salah satu panitia, Talk Show pun dimulai. Pemateri Pertama yaitu Kak Syifa Menjelaskan tentang menjamurnya jajanan kekinian dan makanan junkfood yang tidak sehat karena mengandung kadar gula yang tinggi dan zat tambahan lainnya. Pemateri juga menjelaskan kandungan negatif jajanan kekinian, serta efek bahaya seringnya  mengonsumsi junkfood atau jajanan kekinian bagi tubuh dan kesehatan.

 

 

Sedangkan pemateri kedua, yaitu Kak Nurul menerangkan bahwa di dalam Islam kita dianjurkan untuk menjaga kesehatan dan menjaga pola makan. Bahwa makanan tidak cukup halal saja, tapi juga harus thayyib untuk tubuh. Kak Nurul pun menjelaskan bagaimana pola makan sehat ala Rasulullah saw. dan sunnahnya ketika dihadapkan dengan makanan. Di akhir dijelaskan pula bahwa Islam adalah agama yang sempurna,  karena Islam pun mengatur makanan. Kita bisa mengetahui kesempurnaan Islam dengan mengkaji Islam secara menyeluruh.

 

 

Setelah penyampaian materi, ada sesi diskusi dan tanya jawab yang diikuti oleh para peserta dengan antusias. Pada acara ini, selain para pesertanya mendapat ilmu, panitia juga menyediakan konsumsi dan doorprize agar peserta lebih semangat lagi mengikuti acara yang diadakan oleh SWI.

 

 

Peserta dibagi lima kelompok, yang masing-masing terdiri dari lima orang. Mereka diberi waktu 15 menit untuk menyusun di kertas yang telah disediakan.

Games berupa susun gambar makanan, bahayanya dan penyakit yang diderita jika memakan makanan tersebut secara berlebih, sesuai materi yang sudah dipaparkan oleh Kak Syifa di sesi pertama.

 

 

Kelompok yang berhasil menyelesaikan tugasnya terlebih dahulu, ia berhak memilih doorprize dari lima doorprize untuk pemainan kelompok ini.
Dan setelah itu pun MC mengumumkan beberapa peserta yang dipilih sebagai peserta paling aktif dan juga kategori lainnya, untuk mendapatkan hadiah yang berbeda.

 

 

Setelah acara terlaksana dari awal sampai akhir, MC mempersilakan salah satu panitia untuk memimpin doa penutup majelis, dan di akhir ada sesi foto bersama. Acara yang diselenggarakan oleh Komunitas Smart With Islam Regol Lengkong ini diadakan rutin satu bulan sekali di tempat yang berbeda-beda.

Please follow and like us:

Tentang Penulis