Mau Cantik? Hati-hati lho Pilih Kosmetik

Oleh. Faiza Kameela

 

LenSa Media NewsAnd suddenly, I saw debris

Now and then, I get insecure

From all the pain, I’m so ashamed

 

I am beautiful no matter what they say

Words can’t bring me down

I am beautiful in every single way

Yes, words can’t bring me down

 

Hai, Bestie! Siapa nih diantara kamu yang suka merasa insecure alias enggak pede karena merasa kurang cantik? Duh.. Duh.. Kenapa sih? Masalah kulit yang kurang growing atau wajah pas-pasan?

 

Industri kecantikan saat ini memang kejam banget. Dia punya standar sendiri untuk mengidentifikasi kriteria cewek cantik dan cowok ganteng. Karena kiblat fashion anak muda sekarang adalah negara ginseng, jadilah standar cantik dan gantengnya ala artis-artis Korea. Para gadis akhirnya jadi insecure kalau enggak punya body langsing dan wajah glowing ala Lisa Blackpink.

 

Nah, industri kecantikan akhirmya membius remaja muslimah dengan berbagai iklan produk-produk kecantikan yang menjanjikan bisa membuat kulit glowing dan mulus. Parahnya lagi ada lo produk skincare yang menjanjikan bisa membuat kulit glowing dalam waktu yang singkat. What!? Serius?

 

Bestie, memang galau sih ya kita mau cantik tapi harga skincare selangit. Bisa habis dong uang jajan cuma buat beli skincare aja. Terus buat yang mau tetap gaya tapi keuangan enggak berdaya gimana dong? Nah produsen nakal menangkap kegalauan kamu lo. Saat ini banyak banget produk kecantikan yang low budget tapi ternyata mengandung zat berbahaya yaitu merkuri. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI menemukan lebih dari seribu kosmetik ilegal yang mengandung merkuri yang sudah dilarang untuk dicampurkan dalam produk kosmetik dan skincare (Detik.com, 2/7/2023).

 

Merkuri digunakan dalam produk kosmetik karena katanya sih bisa membuat kulit jadi glowing, awet muda, bebas jerawat dan GPL alias enggak pakai lama. Padahal merkuri adalah bahan yang sangat berbahaya lo kalau dipakai ke kulit, bisa iritasi, ruam bahkan kanker kulit. Joshua Zeichner, Direktur Penelitian Kosmetik dan Klinis di Rumah Sakit Mount Sinai di New York City mengungkapkan, ketika dioleskan ke wajah dan diserap dapat memyebabkan keracunan, toksisitas pada ginjal dan sistem saraf. Hiii, seram ya. So, hati-hati ya, Bestie, jangan sampai kita tergiur dengan harga murah ternyata malah berbahaya. Teliti dulu sebelum membeli, ok!

 

Jangan Lupa Glowingkan Juga Kepribadianmu!

 

Bestie, kalau selama ini kita sibuk mengglowingkan kulit wajah, sudah belum sih kita mengglowingkan kepribadian kita? Apakah pola pikir dan pila sikap kita sudah sesuai dengan aturan Allah? Jangan-jangan kita sibuk memermak wajah tapi lupa membaguskan perilaku. Astaghfirullah, jangan dong, Bestie.

 

Sebenarnya kita enggak perlu resah bin gelisah lo meski wajah enggak glowing, karena enggak berpengaruh dengan nilai kemuliaan seseorang di mata Allah. Bagi Allah Swt. mulianya manusia bukan karena kecantikannya tapi ketakwaannya.

 

Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah Saw. pernah ditanya, ‘Siapakah orang yang paling mulia?’ Beliau menjawab: “Yang paling mulia di antara mereka di sisi Allah adalah orang yang paling bertakwa di antara mereka.” (HR Bukhari)

 

Riwayat lain dari Abu Hurairah, Nabi Saw. bersabda: “Sesungguhnya Allah tidak melihat rupa dan harta benda kalian, tetapi Dia melihat hati dan amal perbuatan kalian.” (HR Muslim)

.

Lagi pula, bagaimana rupa kita enggak akan ditanya kok oleh Allah di akhirat. Allah hanya akan minta pertanggungjawaban atas segala perbuatan kita aja. Tapi, bukannya enggak boleh lo kita merawat wajah atau kulit. Merawat tubuh supaya tetap sehat adalah wajib hanya enggak perlu berlebihan. Alangkah lebih bermanfaat kalau kita isi waktu dengan kegiatan positif dan amal salih sambil tetap memerhatikan kesehatan tubuh kita. Istirahat yang cukup dan makan makanan bergizi juga bisa membuat kulit cerah dan fresh. Jadi kita akan terlihat glowing bukan hanya karena skincare, tapi dari aura kesalihan yang terpancar. Bahasanya kerennya inner beauty gitu lo.

 

Gimana, sudah enggak galau lagi kan meski enggak secantik brand ambasador produk skincare? Don’t worry, Bestie, kamu tetap secantik bidadari kok, asalkan balut tubuhmu dengan pakaian takwa dan hiasi juga hidupmu dengan ketakwaan kepada Allah. Insyaa Allah kamu terlihat glowing deh.

 

You are beautiful beautiful

Kamu cantik cantik dari hatimu

 

Please follow and like us:

Tentang Penulis