Pendaftaran Tidak Jelas

Lensa Media News-PPDB artinya Pendaftaran Peserta Didik Baru. Seiring bergantinya tahun, proses PPDB ini mengalami perubahan sedikit demi sedikit. Salah satunya adalah proses pendaftaran yang dilakukan secara daring. Proses ini memang akan terasa simple bila orang tua yang mendaftarkan anaknya paham caranya.

 

Tapi, bagaimana jika orang tua justru kesulitan mengakses setiap tahap pendaftaran? Seperti yang terjadi di Kabupaten Bandung bahwa saat ini masih ada orang tua yang kesulitan ketika akan mendaftarkan anak-anak ke jenjang yang lebih tinggi (AyoBandung.com, 19 Juni 2023).

 

Sistem pendaftaran daring dengan kurangnya sosialisasi dari pemerintah tentu membuat masyarakat kelimpungan. Orang tua tidak mengetahui keberadaan sekolah yang akan didaftarkan, sistem daring yang justru terasa sulit karna kurangnya kemampuan juga pengetahuan tentang hal terkait menjadikan hal demikian terjadi. Ceritanya ingin praktis justru berakhir miris.

 

Dalam sistem kapitalis sekuler yang digunakan saat ini sebenarnya pemerintah tidak wajib memberikan pendidikan untuk para penerus tonggak kehidupan. Dalam sistem ini semua hal harus bisa menghasilkan keuntungan khususnya keuntungan materi. Itulah mengapa pemerintah terasa abai akan kepengurusan masyarakat.

 

Berbeda dengan Islam. Islam justru mewajibkan umatnya untuk belajar. Sebagaimana ayat pertama yang Allah swt turunkan pada Rasulullah saw, iqro yang artinya bacalah. Dalam agama Islam sejak berdirinya sistem pemerintahan Islam, justru berbagai penemuan pertamakali ditemukan oleh orang-orang muslim. Ini semua bisa terjadi karna sistem pendidikan dalam Islam yang sangat menakjubkan melahirkan cendekiawan – cedekiawan yang faqih dalam ilmu duniawi didukung dengan ketaqwaan pada Rabb Semesta Allah swt.

 

Tidak heran bila selama Islam memimpin kehidupan, maka kebaikan lah yang selalu lahir. Lihatlah bagaimana Barat malah membakar segala buku penemuan umat Islam dan mencuri segala penemuan-penemuan umat Muslim. Demikianlah bila kita masih tetap menggunakan sistem ini. Wallahu’alam. . Danis Nuraa. [LM/EM/ry].

Please follow and like us:

Tentang Penulis