Resensi Novel Sally, Dunia ji Ini!

 

Oleh: Henyk Widaryanti

 

Judul Buku     : Sally, Dunia ji Ini!

Pengarang     : Hasni Tagili

Tahun Terbit     : 2022

Cetakan     : Ke-3

ISBN         : 978-623-355-552-4

Ketebalan    : ix+166 halaman

Penerbit     : Renjana Publishing

Harga         : Rp 74.000

 

Kisah perjalanan hijrah selalu menarik perhatian. Apalagi arus hijrah semakin hari kian deras. Hijrah membuat hidup bertambah indah dan mendapatkan berkah. Bagi para pemuda, berhijrah itu penuh tantangan. Mulai dari diri sendiri hingga lingkungan sekitar. Belum lagi arus globalisasi yang memandang kesetaraan perempuan dengan laki-laki; pacaran itu bentuk perkenalan hingga hipnotis dunia artis yang serba glamor, membuat muda mudi terlena dengan dunia. 

 

Novel ini menggambarkan perjalanan hijrah seorang gadis pegiat kesetaraan gender yang memiliki ambisi menjadi artis. Dunia kampus yang diwarnai dengan forum-forum debat mampu mengantarkan dirinya menemukan hidayah, meskipun ia sempat menampik kebenaran itu. Peristiwa menyakitkan yang menimpa menjadi jembatan gadis keturunan Makassar itu membulatkan tekat untuk berhijab syar’i. Ia pun harus menahan gejolak jiwa di hadapan orang yang disukai demi memurnikan tujuan hijrahnya, yaitu meraih rida Allah Swt. Bagaimana perjuangannya istikamah berhijrah dan akankah penantiannya berbuah indah akan kita temukan jawabannya dalam novel yang berjudul “Sally, Dunia ji Ini!”.

 

Novel karya pendiri komunitas menulis Writing Class with Has (WCWH) ini memiliki keunikan tersendiri. Bahasa yang dipakai kental dengan logat Banjar dan Sunda memperlihatkan bahwa latarnya berada di kota Bandung (Sunda) dan Makassar (Banjar). Gambaran tempat kejadiannya pun diperkuat dengan lokasi kampus yang ada di Jawa Barat, yaitu Universitas Padjadjaran dan situs bersejarah Benteng Kesultanan Buton. 

 

Alur cerita dan gaya penyampaian yang disajikan mampu menarik pembaca masuk dalam adegan di setiap bab. Bagi pembaca mantan aktivis, diajak bernostalgia mengingat jalan hijrah yang pernah ditempuhnya. Bagi para gadis akan merasa terhipnotis dengan alur cerita yang menegangkan dan romantis. Pergulatan dalam diri Sally mempengaruhi pembaca untuk membayangkan kisah hidupnya dalam menemukan cahaya Islam.

 

Isi dari cerita ini sangat padat. Namun demikian, pemenang  runner up Writing Camp Competition yang digelar oleh KBM App (Komunitas Bisa Menulis) ini mampu menyajikannya dengan rapi dan menarik. Sentuhan-sentuhan Islam lekat dalam setiap kejadian. Mulai dari alasan mengapa harus berhijrah, pandangan Islam tentang perempuan, bagaimana cara Islam mengatur pergaulan lawan jenis, cara menahan perasaan sebelum halal hingga mengenal jejak Islam di Nusantara dapat disampaikan dengan logis. Sehingga mampu membuat para pembaca menyetujui bahkan terinspirasi untuk berhijrah. 

Terlepas dari itu, peresensi belum menemukan kekurangan dari novel best seller ini. Seluruh aspek yang mendukung cerita dikemas sempurna. Novel ini disarankan dikonsumsi oleh remaja, yang memiliki gairah ingin berubah, yang lekat dengan dunia cinta semu semata.

Please follow and like us: