Butuh Penjagaan Akidah

 

Ramai kasus murtadnya warga Kabupaten Langkat Sumatra Utara tak cukup hanya dengan sikap mengutuk dan mengecam. Karena tidak akan menghentikan dan menyelesaikan kegiatan pemurtadan ini. Kasus-kasus ini juga merupakan sebuah warning untuk pemerintah pusat, bukan hanya sebatas MUI.

Dengan kasus ini, pemerintah diharapkan mampu menyadari bahwa penjagaan akidah Islam bagi setiap warga negeranya adalah sebuah tugas penting yang harus menjadi salah satu tugas utama pemerintah. Apalagi dengan Indonesia yang masih menyandang predikat negara muslim terbesar di dunia. Rasanya tidak pantas jika pemurtadan terjadi tanpa ada pencegahan dan solusi.

Langkah pertama, pemerintah harus terlebih dulu mengembalikan jati dirinya sebagai muslim. Baik secara individu maupun dalam tugasnya sebagai para pemangku kekuasaan. Jika langkah pertama ini sudah dipenuhi, maka langkah selanjutnya akan lebih mudah dan terarah. Karena bagi seorang muslim, setiap perbuatan harus selalu terikat dan berlandas pada Al Qur’an dan Sunah. Begitupun halnya dalam penyusunan dan penetapan kebijakan.

Oleh karena itu, penyelesaian kasus ini dibutuhkan pengembalian identitas muslim kepada seluruh elemen bangsa. Lalu menerapkannya (Islam) dalam setiap aspek kehidupan. Niscaya suasana keimanan akan senantiasa terasa dan secara otomatis akan selalu terjaga.

Permani Mika,
Yogyakarta

[Hw, Lm]

Please follow and like us: