Kyai Laode Heru Elyasa’: Jakarta Memiliki Nilai Historis bagi Umat Islam

Reportase – PKAD—Merespon terkait perpindahan IKN ke paser Kalimantan Timur, Kyai Laode Heru Elyasa’ menyampaikan bahwa Jakarta memiliki nilai historis bagi umat Islam paparnya dalam liputan khusus Pusat Kajian dan Analisa Data (PKAD): Audiensi dan Pernyataan Sikap Tolak Project IKN Agenda Oligarki (Jum’at, 28/01/22) di YouTube Pusat Kajian dan Analisa Data.

“Kalau dilihat dalam perspektif ideologis yaitu Islam, Jakarta merupakan warisan dari leluhur kita Sunan Gunung Jati,”ujarnya.

Selain itu menurut Laode, Jakarta bisa direbut kembali oleh Fatahillah dan kaum muslim dari penjajahan Portugis karena terinspirasi dari pembebasan Konstantinopel oleh Muhammad Al-Fatih di turki.

“Jakarta itu merupakan pemberian dari Allah SWT, Fatahillah diberikan kemenangan oleh Allah dalam menghadapi Portugis sehingga beliau diberikan gelar terbaik,” tambahnya.

Oleh karena itu, Jakarta itu merupakan wilayah yang memiliki momen bersejarah yang di dalamnya berkumpul kemenangan untuk kemuliaan dunia dan akhirat.

“Maka kemudian kaum muslim mempunyai kewajiban untuk menjaga Jakarta agar tidak diserahkan kepada asing. Jika Jakarta ditinggalkan maka kemuliaan Jakarta menjadi hilang,”tutupnya.

 

(Hanif Kristianto, Analisis Politik dan Media)

 

[ry/LM]

Please follow and like us: