K-POP, Inspirasi Kreativitas Anak Bangsa?

Wakil Presiden Indonesia, K.H Ma’ruf Amin membicarakan tentang K-Pop pada Minggu (20/9/2020). Mencuat sebuah pernyataan dari wakil presiden RI yang berharap anak muda bisa mengambil inspirasi dari para idol K-Pop. Lantas kemudian menjadi ramai diperbincangkan di media sosial.

Kita tahu bahwa demam K-pop memang sedang marak-maraknya di kalangan anak muda khususnya di Indonesia. Mulai dari boy band, girl band, drama, fashion, budaya dan bahasanya yang banyak sekali digandrungi oleh para remaja pencinta K-Pop.

Lalu, bagaimana pandangan Islam menyikapi fenomena ini? Dalam Islam, standar kebahagiaan dan pemahaman tentang kehidupan seorang muslim dengan idol Korea sangatlah berbeda. Seandainya yang mereka cari adalah kebahagiaan dunia berbentuk materi dan popularitas, lantas apakah ini sejalan dengan apa yang Islam ajarkan?

Jika kita ingin mencari inspirasi kreatifitas, Islam telah hadirkan sosok suri taudalan terbaik yaitu Rasulullah Saw. Misalnya, kita dapat menyebarkan risalah yang telah Rasulullah sampaikan pada umatnya dengan cara kreatif, seperti lewat video animasi, komik, ilustrasi, film dan lain-lain agar terlihat lebih menarik.

Tentu saja seorang muslim tidak cocok jika harus menari-nari dan bernyanyi di atas panggung dengan aurat yang terbuka serta ditonton oleh banyak lawan jenis. Dari sini kita dapat mengetahui dan memilih dengan jalan apa kita hidup, jalan yang salah atau jalan yang Allah Swt ridai.

Sinta Oktaviani, Bogor

 

[Faz/LM]

Please follow and like us:

Tentang Penulis