Film “Jejak Khilafah di Nusantara”, Menguak Bukti Kebaikan Khilafah bagi Nusantara

Kamis, 20 Agustus 2020 bertepatan dengan momen penting bagi kaum muslim, yakni Tahun Baru Hijriyah 1 Muharram 1442. Kaum muslim di Nusantara disuguhkan penayangan sebuah film dokumenter. Film berjudul “Jejak Khilafah di Nusantara” yang dari jauh-jauh hari sebelumnya sudah mewarnai jagad maya bahkan sempat menjadi trending topik tepat di hari pemutaran film tersebut.

Adanya film ini menguak fakta bahwa jejak Khilafah di bumi Nusantara benar-benar nyata, terbentang di Nusantara bagian Barat hingga bagian Timur. Dalam film ini juga menguak berbagai kesultanan yang ada di Nusantara memiliki hubungan dengan kekhilafahan. Bahkan para Walisongo sejatinya adalah utusan dari Khilafah untuk menyebarkan dan mengajarkan ajaran Islam.

Tak hanya itu, setelah menyaksikan film Jejak Khilafah di Nusantara kita dapati bahwa relasi Khilafah dengan Nusantara tak hanya dalam aspek pengajaran Islam semata. Lebih jauh dari itu, secara politis Khilafah membantu Nusantara dalam mengusir penjajah. Hal ini menunjukkan bahwasanya Nusantara merupakan bagian dari Kekhilafahan Islam. Sebab menjadi kewajiban Khilafah untuk menjaga dan melindungi wilayah-wilayah yang menjadi kekuasaannya.

Selain itu, pemutaran film ini juga menguatkan bukti sejarah bahwa keberadaan Khilafah menjadikan Nusantara memperoleh kebaikan yang nyata. Mengenalkan cahaya Islam ke Nusantara hingga menanamkan semangat jihad Fi Sabilillah untuk mengusir penjajah kolonialisme dan imperialisme. Sungguh betapa berjasa nya Khilafah terhadap Nusantara. Sebuah kemunafikan jika Khilafah justru dikriminalisasi.

 

Deny Setyoko Wati

[hw/LM] 

Please follow and like us:

Tentang Penulis