Agar Tak Panik, Pentingnya Edukasi Covid-19

Nama Desa Sewakul menjadi perbincangan setelah seorang ketua RT di wilayah tersebut menolak pemakaman jenazah perawat RSUP Kariadi Semarang positif Covid-19 yang meninggal pada Kamis (9/4/2020) lalu. Sang perawat rencananya dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Sewakul, Kelurahan Bandardjo, Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. Namun, karena ditolak warga sekitar TPU, jenazah perawat tersebut dipindah ke Bergota, komplek makam keluarga Dr Kariadi Kota Semarang (Kompas.com/2020/04/14/).

Di tengah pandemi virus Covid-19, tenaga medis menjadi pejuang di garda terdepan dalam menolong masyarakat. Namun pada faktanya, tidak semua orang menghargai perjuangan mereka, karena masih banyak masyarakat yang minim informasi, sehingga memiliki rasa takut yang berlebihan. Tidak sedikit tenaga medis yang mengalami perlakuan tak menyenangkan. Ada yang tiba-tiba di usir dari kosan, dikucilkan, dan masih banyak lagi. Ketua Umum Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Harif Fadhilah, membenarkan adanya aduan dan keluh kesah dari paramedis tersebut.

Pentingnya edukasi kepada masyarakat agar tidak memiliki rasa takut yang berlebihan, sehingga memiliki rasa kemanusian dan belas kasih terhadap sesama, apalagi kepada para pahlawan medis.

Peran pemerintah sangat dibutuhkan untuk memberikan edukasi, namun sampai saat ini belum ada edukasi secara masif yang disampaikan kepada masyarakat.

Rasulullah saw. Bersabda : “Siapa saja yang menghilangkan kesusahan dunia dari seorang Mukmin, pasti Allah menghilangkan dari dia kesusahan pada Hari Kiamat. Siapa saja yang memudahkan urusan orang yang kesulitan (khususnya dalam masalah hutang), pasti Allah Azza wa Jalla memudahkan bagi dia (dari kesulitan) di dunia dan akhirat. Siapa saja yang menutupi aib seorang Muslim, pasti Allah menutup aibnya di dunia dan akhirat. Allah senantiasa menolong hamba-Nya selama hamba tersebut menolong saudaranya” (HR Muslim).

 

Asma Yulia, SE
Pemerhati Masalah Umat

 

[LM] 

Please follow and like us:

Tentang Penulis