Gelar Talkshow Parenting, KPIT Kendari Ajak Kaum Ibu Membersamai Ananda Penghafal Al-Qur’an

LensaMediaNews— Ibu memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah keluarga. Ia bertanggung jawab menyiapkan generasi penghapal qur’an, generasi pemimpin yang akan memberi kontribusi besar dalam peradaban yang gemilang. Perkara inilah yang melatarbelakangi Komunitas Parenting Ibu Tangguh Kendari mengadakan acara Talkshow Parenting Nasional dengan tema “Membersamai Ananda Penghafal Al Qur’an Bagai Menyemai Mahkota Di Surga”. Talkshow ini menghadirkan pemateri Ustazah Ummu Khoir, founder Khoiru Ummah Bogor dipandu host Ummu Syaddad. Acara diadakan di Aula Graha Pena Kendari, Ahad, 16/02/2020.

 

Host mengawali acara dengan menyapa peserta. Host bertanya siapa yang menginginkan mahkota di surga? Serempak para peserta menjawab “saya” dengan antusias. Selanjutnya pemateri menyampaikan bahwa saat ini dengan berkembangnya teknologi dan informasi dibutuhkan peran ibu dalam menyiapkan generasi yang cerdas dan cemerlang untuk menghafal, mempelajari, hingga mengamalkan al qur’an agar terwujud hafidz dan hafidzhoh yang dididik sesuai dengan aturan Allah SWT dengan metode yang tepat.

 

“Anak adalah perhiasan hidup dan investasi terbaik orang tuanya dan pembawa kebahagiaan hidup orang tua di dunia hingga akhirat, namun juga bisa menjadi ujian hidup (fitnah, musuh) yakni pembawa penderitaan di dunia dan penderitaan abadi di akhirat” ungkap Ustazah Ummu Khoir.

 

Ummu Khoir mengingatkan bahwa keluarga memiliki tanggung jawab besar dalam mendidik anak-anaknya. Ayah bunda adalah pendidik pertama dan utama. Pola asuh mereka harus terintegrasi. Mereka harus menggunakan konsep pendidikan Islam agar terwujud generasi cemerlang yang mampu menjawab tantangan zaman.

 

Ditengah acara, host menyampaikan kekhawatirannya. Saat ini begitu banyak penghapal qur’an namun mereka juga menjadi pelaku kemaksiatan. Hal ini direspon oleh Ummu Khoir dengan mengingatkan bahwa tidak cukup hanya dengan menghapal. Namun juga harus ada upaya serius untuk mengkaji, mengamalkan bahkan menda’wahkannya sebagaimana hadist Rasulullah SAW.: “Siapa yang menghafal Al-Quran, mengkajinya dan mengamalkannya, maka Allah akan memberikan mahkota bagi orang tuanya dari cahaya yang terangnya seperti matahari. Dan kedua orang tuanya akan dipakaikan dua helai pakaian yang tidak didapatinya di dunia. Kemudian kedua orang tuanya bertanya, “Mengapa saya sampai dipakaikan pakaian semacam ini? “Lalu disampaikan, “disebabkan anakmu telah mengamalkan Al-Quran” (HR. Hakim).

 

Antusiasme peserta nampak dari berbagai pertanyaan yang diajukan. Peserta juga bersemangat untuk menjawab pertanyaan doorprize. Acara tersebut ditutup dengan pembacaan doa serta sesi foto bersama. [LNR/LM]

Please follow and like us: