Mencegah Corona Lebih Baik Daripada Mengobati

Dari berbagai sumber data menyebutkan bahwa sampai saat ini mewabahnya Virus Corona di Wuhan, Hubei, China semakin menunjukkan peningkatan. Penularan pun sudah mulai menyebar ke negara-negara tetangga. Tentunya menjadi bahaya yang mengancam dunia, jika tidak dilakukan tindakan pencegahan. Sehingga hampir semua negara di dunia melakukan travel warning larangan tegas agar warganya tidak melakukan perjalanan ke China. Dan melarang turis China masuk ke negaranya.

Akan tetapi berbeda dengan Indonesia. Seperti diketahui, sebanyak 174 turis asal Kunming, China, tiba di Bandara Internasional Minangkabau di Padang Sumatera Barat, Minggu (26/1). Pemerintah Indonesia lebih mengutamakan aspek ekonomi berupa pendapatan daerah dan peluang percepatan pengembangan sektor pariwisata di Ranah Minang.

Sangat disayangkan, ternyata pemerintah belum terlalu serius melakukan sosialisasi dan kebijakan pencegahan penularan Virus Corona. Padahal faktanya virus ini sangat mudah menular dan mampu menyebabkan kematian.

Mencegah penyebaran Virus Corona di Indonesia lebih penting dibanding penanggulangan ketika virus ini sudah menyebar. Sehingga membatasi masuknya turis China ke Indonesia adalah hal yang wajib dilakukan. Sebagai langkah untuk benar-benar memutus adanya kemungkinan Virus Corona masuk di Indonesia.

Pemerintah seharusnya lebih mengutamakan perlindungan dan keselamatan rakyatnya terhadap virus yang mematikan daripada sekedar aspek ekonomi untung rugi sektor pariwisata. Sebagaimana dalam Islam lebih mengutamakan pencegahan secara total. Ketika terjadi wabah-wabah di suatu negeri, maka janganlah kita memasuki negeri itu. Begitupun ketika terjadi wabah di suatu tempat kita berada, maka janganlah kita meninggalkan tempat itu.

 

Nurul Aqidah

[LM] 

Please follow and like us:

Tentang Penulis