Alhamdulillah, seluruh umat muslim kini telah memasuki tahun baru Islam, 1441 H. Dimana tahun Hijriyah ini merupakan momentum penting bagi perjuangan Islam dan kaum muslim. Pada saat itu Rasulullah Saw mulai hijrah dari Mekah ke Madinah. Namun hijrah Rasulullah bukan hanya berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Tetapi lebih dari itu, yaitu mengubah tatanan kehidupan seluruh umat manusia dengan menerapkan Islam secara kaffah.

Tak dapat dipungkiri, saat ini kaum muslim masih terkungkung sistem yang mirip dengan sistem jahiliyah, yaitu sistem kapitalis sekuler. Dimana negeri-negeri muslim masih tertindas dalam segala aspek kehidupan mereka. Belum dalam akidah, ekonomi, politik, maupun sosial.

Dari segi akidah masih banyak contoh-contoh kesyirikan. Dalam segi ekonomi, sistem ribawi masih menjadi tren hidup masyarakat saat ini. Dalam segi sosial, kebejatan moral masih menghantui berbagai negeri muslim. Perzinaan, LGBT, pornografi, persekusi terhadap umat muslim, pemerkosaan, pembunuhan tanpa sebab, penindasan terhadap muslim, dan tindakan kriminal lainnya marak di mana-mana.

Oleh sebab itu, di momen hijrah ini seyogyanya kaum muslim tidak hanya memaknainya sekedar hijrah Rasul dari Mekah ke Madinah. Namun memaknainya lebih dari itu. Hijrah dari darul kufur menuju tatanan kehidupan yang lebih baik yaitu darul Islam (menerapkan Islam kaffah). Sehingga wajib bagi seluruh elemen masyarakat untuk menumbuhkan spirit perjuangan Rasulullah Saw yang sesungguhnya.

Ummu Zalfa
Konda, Sulawesi Tenggara

 

[LS/Ah]

Please follow and like us:

Tentang Penulis