Kabar memilukan kembali terjadi pada remaja putri (T) berusia 14 tahun, warga Tanjungkerta, Kecamatan Tanjungmedar, Kabupaten Sumedang ,Jawa Barat. Gadis yang masih duduk di bangku SMP ini, telah diperkosa oleh 5 pemuda yang tinggal satu daerah dengannya (04/07/2019).

Kelima pemuda yang sudah berstatus tersangka ini, diketahui ada yang di bawah umur. Mereka melakukan aksi bejatnya dengan menyuruh korban datang ke rumah salah satu pelaku, dan diberi makanan yang sudah dicampur obat tidur pada 29 Juni 2019.

Lemahnya pengawasan orang tua dan terpapar tontonan pornografi disinyalir menjadi penyebab peristiwa ini terjadi. Video asusila yang beredar di masyarakat, dengan mudahnya diakses para remaja saat ini. Pun, ada sebagian yang terinspirasi dari tayang televisi yang mengungkap kasus pemerkosaan, dengan menampilkan reka adegan secara detail bagaimana si pelaku melakukan perbuatannya.

Jika sudah begini, tentu orang tua yang tadinya cuek jadi mawas diri untuk memperhatikan anaknya. Sebenarnya memang sudah tugas orang tua untuk mendidik putra-putrinya dengan iman dan takwa. Membentengi mereka dari bebasnya pergaulan remaja. Juga pentingnya peran negara mengambil langkah dalam mensortir tayangan televisi dan menutup akses media yang negatif. Sehingga tidak ada lagi kasus yang menghantui masyarakat secara umum dan remaja khususnya. Meski pelaku tengah diproses hukum.

 

Uthie Siti Solihah
Sumedang, Jawa Barat

 

[LS/Ah]

Please follow and like us:

Tentang Penulis