Islam Memuliakan Perempuan

Islam Memuliakan Perempuan
(Forum Muslimah Cikampek-Karawang)
Oleh: Yuyun Suminah

“Islam Memuliakan Perempuan” menjadi tema kajian rutin bulanan oleh Komunitas Forum Muslimah Cikampek, bekerja sama dengan MT Al Huda yang bertempat di Masjid Al Huda Cikampek, Karawang. Acara yang dilaksanakan pada hari Ahad, 07 April 2019 itu dihadiri lebih dari 100 orang.

Acara dimulai pukul 09.00 WIB dengan dipandu oleh Ustazah Ina Sholihat sebagai MC. Acara semakin khidmat dengan dibacakannya ayat suci Al Quran oleh Ustazah Ani. Seluruh peserta pun semakin antusias ketika pemateri Ustazah Tely Heryani (Pengisi MT) mulai memaparkan materinya.

Islam adalah agama yang bisa memberikan kemuliaan, kenyamanan, dan keamanan kepada perempuan, dalam menjalankan perannya sebagai ummun warobatul bait (ibu pengatur rumah tangga). Akan merasa bangga ketika seorang perempuan menjalankan perannya tersebut karena yang diperoleh kemulian dari Sang Pencipta.

Pemateri memaparkan fakta hari ini, ternyata banyak perempuan yang tidak mendapatkan kemuliaan malah yang melekat pada mereka adalah sebagai perempuan yang rendah tak berharga. Sehingga banyaknya kasus perkosaan, penyiksaan, kemiskinan, bahkan ekploitasi berkedok pemberdayaan. Akhirnya banyak para perempuan yang menyandang peran ganda yaitu sebagai seorang ibu sekaligus sebagai tulang punggung keluarga (mencari nafkah). Hal itu disebabkan faktor ekonomi ataupun hanya gengsi dengan dalih perempuan mandiri.

Dari fakta tersebut muncul pandangan ditengah-tengah masyarakat kalau permasalahan tersebut dikarenakan:
1. Tidak adanya persamaan hak laki-laki dan perempuan
2. Karena perempuan termarjinalkan
3. Perempuan dipandang rendah yang menyebabkan berbagai masalah seperti kemiskinan, pemerkosaan, penganiyaan, dan lain-lain.

Itulah dalam sistem kapitalis memandang perempuan tidak lebih dari sekedar komoditas yang bernilai materi.
Lantas selesaikah permasalahan perempuan? Tidak, karena solusi yang ditawarkan tidak hakiki. Seperti apakah solusi yang ditawarkan oleh sistem Islam?

Selanjutnya pemateri menyampaikan kemuliaan yang bisa diraih dengan begitu mudah oleh perempuan, yaitu dengan menjalankan perannya sebagai ummun warobatul bait.

Allah memberikan keistimewaan kepada perempuan yaitu memiliki rahim sehingga ketika ia mengandung maka beristigfarlah malaikat untuknya. Allah pun mencatat baginya setiap hari 1000 kebaikan dan menghapuskan 1000 kejahatan.

Bahkan ketika seorang perempuan taat kepada suaminya maka ikan-ikan di laut, burung di udara, malaikat di langit, matahari dan bulan beristigfar baginya selama ia taat kepada suami dengan menjaga solat dan puasa.

Di akhir acara keadaan semakin hangat ketika masuk ke sesi tanya jawab dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh beberapa peserta yang hadir.

Selesai sesi tersebut acara ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Ustazah Tety. Selepas itu maka berakhir pula acara kajian bulanan ini tepat pukul 11.30 WIB.

(Aher/Fa)

Please follow and like us:

Tentang Penulis