Lensa Media News, Surat Pembaca- Bila diamati, gejala ‘kemunduran demokrasi’ di negeri kita ini memang benar adanya. Hal ini sebagiannya adalah akibat dari kurang pahamnya dan ketidakpedulian generasi muda tentang politik. Serta perilaku hedonis dan individualis yang telah nyata meracuni generasi muda.

 

Di samping itu, politik praktis yang dipahami oleh mereka hari ini sangat penuh drama, kebohongan, dan rawan kepentingan penguasa serta oligarki. Sehingga, menjadi hal yang wajar bila generasi muda cenderung malas dan menjauhkan diri dari aktivitas politik. Padahal, perubahan ada pada mereka.

 

Ada hal yang harus diluruskan dan dipahamkan dengan benar terkait aktivitas politik ini. Terlebih dalam Islam, politik memiliki peranan penting dalam banyak aspek. Karena, politik dalam konsep Islam adalah mengurusi urusan umat. Jadi, setiap aktivitas yang berhubungan dengan kepengurusan rakyat adalah politik. Bukan hanya sekadar pencarian jabatan dan kekuasaan.

 

Oleh karena itu, merupakan tugas kita bersama untuk memahamkan pemahaman yang benar terkait konsep politik pada semua generasi. Terutama para gen Z. Konsep yang hanya ada pada Islam yang merupakan agama sempurna dari Sang Pencipta. Maka, memahami Islam secara utuh dan menyeluruh menjadi hal urgent yang harus menjadi perhatian bersama.

 

Permani Mika,

Pendidik,

Yogyakarta

 

[LM, Hw]

Please follow and like us:

Tentang Penulis