Agar Takwa Gen Z Tetap Menyala


Oleh: Risa Hanifah

 

LenSa MediaNews__Kemenangan di hari yang fitri amat dinanti oleh seluruh umat muslim setelah menjalani ibadah puasa Ramadan. Tak terkecuali sobat Gen Z ikut merayakan Hari Raya Idulfitri ini dengan suka cita. Namun patut disadari oleh sobat Gen Z bahwa Idulfitri tidak hanya dimaknai dengan berlebaran memakai outfit baru, bahkan ada yang menjadikan momen berkumpul dengan keluarga untuk ajang pamer kekayaan, astaghfirullah.

 

Puasa Ramadan yang telah lulus dijalani selama sebulan penuh merupakan ajang penempaan diri seorang muslim agar menjadi pribadi yang bertakwa.

يٰٓـاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا كُتِبَ عَلَيۡکُمُ الصِّيَامُ کَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيۡنَ مِنۡ قَبۡلِکُمۡ لَعَلَّكُمۡ تَتَّقُوۡنَۙ‏

 

Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa (QS Al-Baqarah [2]: 183)

 

Allah SWT telah berfirman bahwa hikmah dari berpuasa adalah takwa. Apakah takwa itu? Takwa harusnya adalah cita-cita Gen Z agar tetap “menyala” imannya di sebelas bulan setelah Ramadan. Sahabat Rasulullah Sayyidina Umar bin Al-Khattab menjelaskan bahwa orang yang bertakwa itu adalah orang yang berhati-hati layaknya pejalan kaki yang melintasi jalan penuh duri dan sebaik-baiknya bekal dalam hidup adalah takwa.

 

Begitulah sepatutnya sobat Gen Z menapaki hidup, penuh dengan kehati-hatian dari berbagai ranjau maksiat yang dapat menjauhkan diri dari Allah SWT. Tunduk dan patuh terhadap seluruh syariat Islam, menjauhi segala larangan-Nya mestinya menjadi tren yang diikuti oleh anak muda setelah berlebaran. Pemuda yang takut akan hisab Allah kelak di hari akhir adalah kewajiban yang dijalani setelah memahami makna takwa. Khalifah Umar bin Abdul Aziz pun pernah berkata, “Hari raya itu bukan bagi orang yang memakai pakaian baru, hari raya adalah bagi mereka yang takut terhadap hari pembalasan.”

 

Apalagi kini pemuda berada dalam posisi bonus demografi sehingga harapan besar bagi bangsa dan umat muslim secara menyeluruh terhadap Gen Z agar membawa perubahan hakiki yang dilandasi ketakwaan dan semangat menerapkan aturan Islam bagi seluruh umat manusia karena Islam sejatinya rahmat bagi semesta alam (Islam Rahmatan Lil’alamin).

 

So, sobat Gen Z janganlah sempit memaknai Idulfitrimu hanya sekedar outfit baru ataupun flexing (pamer harta) namun lebih dari itu, menjadi pemuda muslim bersyakhsiyah Islam (kepribadian Islam) yang meraih kemenangan hakiki dengan predikat muttaqin (orang yang bertakwa).

Please follow and like us:

Tentang Penulis