Oleh: Siska Juliana

 

LenSa MediaNews__Pagi hari, Ahad, 28 Januari 2024, Komunitas Smart With Islam mengadakan kajian yang bertema New Year New Me. Acara yang dilaksanakan di Masjid At-Turmudzi, Cibuntu, Kota Bandung, Jawa Barat ini dihadiri oleh puluhan pelajar dan mahasiswa.

 

Kajian diawali dengan pembukaan dan pembacaan ayat suci Al-Qur’an surah Al-Hasyr ayat 18. Kemudian ada tayangan video yang menampilkan kebiasaan masyarakat dalam merayakan tahun baru.

 

Sebelum pemaparan materi, para peserta diajak untuk bermain games. Untuk melatih fokus dan menambah semangat saat mendengarkan materi.

 

Acara selanjutnya adalah pemaparan materi yang disampaikan oleh Teh Annisa. Ia mengungkapkan fakta remaja saat ini yang merayakan tahun baru dengan foya-foya. Padahal merayakan tahun baru Masehi bukan budaya Islam.

 

Ia menjelaskan penyebab perilaku tersebut adalah para remaja tidak memiliki tujuan hidup, gaya hidup sekuler (memisahkan agama dari kehidupan), dan bersikap individualistis.

 

Misalnya saja menghabiskan tahun baru dengan hura-hura, di sisi lain saudara kita di Palestina sedang mengalami genosida. Sungguh miris jika kita melihat fakta tersebut.

 

Teh Annisa mengatakan bahwa seharusnya remaja muslim itu mempunyai tujuan hidup. Senantiasa menuntut ilmu agama, hidup dalam ketakwaan, dan peduli kepada umat.

 

Jadi, tahun yang baru semestinya digunakan sebagai momentum untuk berubah menjadi lebih baik. Dengan cara upgrade iman, upgrade tsaqafah, dan upgrade skill.

 

Setelah pemaparan materi selesai, ada sesi tanya jawab. Para peserta antusias bertanya tentang langkah yang harus ditempuh agar menjadi remaja muslim yang taat pada aturan Allah.

 

Acara dilanjutkan dengan games. Peserta diminta untuk menuliskan sikap-sikap buruk yang ingin diubah dan harapannya di tahun yang baru ini. Kemudian peserta diminta mengisi angket untuk mengetahui responnya mengenai acara yang diselenggarakan.

 

Lalu ada pembagian doorprize bagi peserta yang bertanya dan berhasil menjawab pertanyaan dari pemateri. Akhirnya, tiba di penghujung acara. Acara ditutup dengan berdoa, foto bersama, dan bermusafahah.

Please follow and like us:

Tentang Penulis