Say No to Bullying: Cause I’m A Human too, Same as You

Oleh: Siska Juliana

 

LensaMediaNews__Pada pagi hari, Ahad, 22 Oktober 2023, Komunitas Smart With Islam mengadakan kajian dengan tema “Say No To Bullying: Cause i’m a human too, same as you”. Acara yang dilaksanakan di Masjid Ar-Rahmah, Mengger, Kota Bandung, Jawa Barat ini dihadiri oleh puluhan peserta pelajar dan mahasiswa.

 

Kajian diawali dengan pembukaan dan pembacaan ayat suci Al-Qur’an. Kemudian, ada penampilan pemenang lomba cerita. Sebelumnya, panitia telah mengumpulkan cerita dari para peserta mengenai bullying.

 

Acara selanjutnya adalah pemaparan materi yang dibawakan oleh Teh Nabila. Pertama-tama ia mengungkapkan fakta kasus bullying yang marak terjadi. Lalu ia menjelaskan pengertian dan jenis-jenis bullying. Teh Nabila juga menerangkan dampak yang terjadi pada korban bullying.

 

Ia memaparkan pandangan Islam mengenai bullying. Bahwa bullying adalah perbuatan dosa, karena Allah melarang untuk merendahkan dan menyakiti orang lain, apalagi sesama muslim. Maka agar terhindar dari perilaku bullying baik menjadi pelaku atau korban, seharusnya seorang muslim menjadi individu yang bertakwa dan mengkaji Islam agar benar dalam bersikap, serta mencari circle pertemanan yang taat syariat.

 

Setelah pemaparan materi selesai, para peserta dibagi menjadi 5 kelompok. Setiap kelompok diberikan pertanyaan mengenai sikap yang diambil ketika melihat perundungan. Setelah berdiskusi dan mendapat kesimpulan, wakil dari setiap kelompok mempresentasikan hasilnya.

 

Ketika presentasi berakhir, ada pembagian doorprize bagi setiap kelompok. Selain itu, ada juga pembagian hadiah bagi pemenang lomba cerita, bagi yang fokus menyimak, dan bagi yang bertanya kepada pemateri. Semua peserta terlihat senang dan antusias dengan acara ini.

 

Akhirnya tiba di penghujung acara. Acara ditutup dengan berdoa, foto bersama, dan bermusafahah.

Please follow and like us:

Tentang Penulis