Dir. Global Cyber Watch: Menata Masa Mendatang, Membawa Rahmatan Lil ‘Alamin

Reportase – PKAD – Rif’an Wahyudi sebagai kontributor media umat sekaligus Direktur Global Cyber Watch mengungkapkan tugas utama jurnalistik serta peran jurnalis muslim. Beliau menyampaikannya dalam [LIVE] Insight #117 Spesial Parade Refleksi Akhir Tahun 2021 Pusat Kajian Dan Analisis Data bertajuk “Corong Media dan Basah Kuyup Hukum.” Rabu, 22 Desember 2021.

“Tugas utama jurnalistik sebenarnya menyampaikan informasi kepada publik secara luas dengan benar,” tegas Rif’an Wahyudi, Dir. Global Cyber Watch.

Media sangat berperan dalam melakukan edukasi kepada umat. Terlebih sepanjang 2021 terdapat ragam peristiwa yang dapat disusun sebagai kaleidoskop utamanya di negeri ini. Rif’an juga menyampaikan setidaknya ada beberapa peristiwa yang penting dicermati baik di kawasan nasional maupun internasional. Peristiwa tersebut mulai dari pandemi, Islamophobia, hingga kerusakan alam akibat ulah tangan manusia.

“Parade itu rentetan peristiwa-peristiwa menjadi kaleidoskop dari media dan pemberitaan sepanjang 2021. Hegemoni informasi masih dikuasai negara-negara besar yang mempengaruhi pola berpikir masyarakat, ” urai beliau.

Lanjut, Rif’an mengingatkan,” Waktu itu ada tiga dimensi, yakni masa lalu sebagai spion.
Masa lalu yang baik dilanjutkan dan dikembangkan. Adapun yang buruk ditinggalkan sebagai wujud takwa. Lalu ada masa kini dan mendatang.”

Beliau juga mengungkapkan,” Kita optimis jurnalis Muslim sebagai jurnalis yang mampu mengemban misi dakwah Islam. Waktu kita tidak lama di dunia. Karenanya momentum kaleidoskop ini waktu untuk refleksi masa lalu. Kita menata masa datang sehingga membawa rahmatan lil ‘alamin. Buka mata, buka telinga, buka pemahaman Islam yang rahmatan lil’alamin.”

Dir. Global Cyber Watch ini menegaskan pentingnya seting mandiri oleh kaum Muslimin untuk ke depannya. ” Kaum Muslimin harus punya agenda setting sendiri sesuai agenda Allah SWT.,” pungkasnya.

(Hanif Kristianto, Analisis Media dan Politik) .

 

[ry/LM].

Please follow and like us:

Tentang Penulis