Marak Kekerasan Masa Pacaran, Butuh Solusi Sistematik

Baru-baru ini istilah kekerasan dalam berpacaran diperbincangkan di tengah publik, Kasus kekerasan terhadap anak dan perempuan dinilai berada dalam kondisi darurat saat ini, seperti yang lagi viral kasus bunuh diri yang dilakukan oleh seorang mahasiswi.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (MenPPPA), Bintang Puspayoga bicara mengenai kasus Novia Widyasari (23) yang menegak racun karena sang kekasih Bripda Randy Bagus memaksa melakukan aborsi. Bintang menyebut kasus yang menimpa Novia termasuk dalam kategori kekerasan dalam berpacaran atau dating violence.

“Kasus yang menimpa almarhumah ini adalah bentuk dating violence atau kekerasan dalam berpacaran, di mana kebanyakan korban, setiap bentuk kekerasan adalah pelanggaran HAM,” kata Bintang dalam keterangan pers tertulisnya, Minggu, 5/11/2021, (detikNews.com, 5/11/2021). Sungguh sangat ironis, terlebih pelakunya diungkapkan adalah seorang perwira polisi.

Dari fakta yang selama ini beredar, kasus bunuh diri akibat buah dari pacaran bukanlah satu atau dua kali terjadi, bahkan berulang kali, sampai sekarang tidak ada kebijakan yang memberikan solusi untuk menghentikan kasus ini. Karena bagaimanapun juga, kasus bunuh diri yang merenggut nyawa seseorang, bukanlah kasus biasa, tapi merupakan kasus yang sangat fatal, namun sayang di sistem kapitalis sekarang bukannya mencari solusi justru malah semakin marak kekerasan terjadi.

Berbeda dengan Islam yang merupakan salah satu agama yang turut menyerukan penghapusan kekerasan seksual, mulai dari pelecehan seksual sampai pada perbudakan  dan eksploitasi seksual. Islam juga mengatur sistem pergaulan, dengan memisahkan laki-laki dan perempuan, atau diharamkannya ikhtilat jika tidak memenuhi syarat, serta jelas mengharamkan zina. Sudah saatnya kembali pada sistem Islam yang mampu mengatur kehidupan dengan sempurna yang berasal dari sang Khaliq, karena inilah solusi yang sistematik. Wallahua’lam bisshawab.

Lilih Solihah

[Faz]

Please follow and like us:

Tentang Penulis