Direktur LANSKAP : Ada Keterkaitan Rand Corporation di Balik Bentrok Ormas

Reportase – PKAD —Direktur LANSKAP Aminudin Syuhada’ mengungkap ada kaitan antara bentrok ormas yang sering terjadi dengan penelitian Rand Corporation.

“Hal ini tampak dari misi jangka pendek dan jangka panjang dari RAND Corporation. Dalam jangka pendek adalah untuk menghancurkan Islam militan dan dalam jangka panjangnya untuk memodernisasi Islam atau Islam moderat,” ungkapnya dalam Insight ke-105 PKAD: Ormas Bentrok Persatuan Bangsa Rontok? Di YouTube Pusat Kajian dan Analisis Data (PKAD),Rabu (24/11/2021).

Ia juga menyampaikan, dalam rangka mewujudkan misi ini, maka terlihat fenomena banyak ormas bentrok. Masalahnya apakah ini terjadi secara natural atau memang by desain

Lebih lanjut ia memaparkan, ternyata Rand Corporation ini mengeluarkan beberapa rekomendasi kepada AS yaitu AS diminta untuk menyembunyikan tangannya dalam memerangi Islam. AS dilarang tampil vulgar alias harus berada di belakang layar.

“Hal ini dilakukan karena dunia paham AS itu benci Islam dan ini bisa memunculkan perlawanan yang sengit dari umat Islam,”ujarnya.

Kemudian untuk melakukan strategi ini direkomendasikan lima hal yaitu :

Pertama, mendukung modernisasi Islam.
Kedua mendukung agenda-agenda yang menguntungkan pada kelompok-kelompok sekularis.
Ketiga,memberdayakan komunitas yang pro sekuler.
Keempat, membuat kaum tradisionalis itu tetap dalam posisi kontra dengan kaum fundamentalis.
Kelima, menumpas kaum fundamentalis dengan framing dan setingan opini yang negatif atas keberadaan mereka saat ini maupun di masa yang akan datang sehingga keberadaan mereka ditolak dan tidak bisa eksis di masa yang akan datang.

Lalu ia mengatakan, kelima rekomendasi inilah yang menyebabkan terus terjadinya konflik antar ormas. Diskusi berjalan lancar. Hadir juga akademisi Ilmu Politik Galang Geraldy dan Wahyudi Al Maroky dari Pamong Institute.

 

(Hanif Kristianto, Analisis Politik dan Media) .

[ry/LM].

Please follow and like us:

Tentang Penulis