Angin Segar Kemenangan Taliban

Keputusan Amerika Serikat untuk menarik pasukan tentaranya dari Afghanistan setelah 20 tahun menduduki negeri muslim ini, menandai kekalahan militer AS di sana. Fakta kekalahan AS, telah memperlihatkan pada dunia bahwa mitos militer AS tidak terkalahkan nyatanya tidak terbukti. AS dengan persenjataan canggihnya bisa dikalahkan oleh para Mujahidin Afghanistan yang berperang secara gerilya.

Fakta kemenangan militer Taliban membawa angin segar bagi penulis khususnya. Jika pasukan satu negeri Islam saja yakni Afghanistan bisa mengalahkan militer AS, apalagi jika negeri-negeri kaum muslimin bersatu dalam naungan sebuah negara yang sama. Tentu ini akan berpotensi menjadi kekuatan yang sangat luar biasa. Sebagaimana dulu umat Islam pernah bersatu di bawah naungan negara Khilafah.

Jika saja umat Islam segera bersatu, maka akan sangat mudah mengenyahkan Israel di bumi Palestina. Begitupun menyelesaikan penderitaan Muslim Rohingya, Suriah, Uyghur dan yang lainnya. Masalahnya adalah apakah Afghanistan akan menggunakan sistem Khilafah? Jika jawabannya tidak maka nasib Afghanistan akan sama dengan negeri Islam lainnya, menang secara militer tapi kalah secara politik. Tentu bukan ini yang kita harapkan.

Agu Dian Sofiyani

[hw/LM]

Please follow and like us:

Tentang Penulis