Kebijakan pemerintah dalam mencegah penyebaran virus Covid-19 dengan adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), mendapatkan beragam reaksi dari kalangan masyarakat. Sebagian masyarakat ada yang mendukung dengan kebijakan tersebut sebagai salah satu cara mencegah penularan Covid-19 dan sebagian masyarakat pun mulai memprotes ditambah jangka waktu yang selalu diperpanjang, alasan masyarakat kebijakan yang ada justru membuat masyarakat makin sulit beraktivitas terutama para pedagang ataupun yang memiliki usaha, pendapatan yang sebelumnya menurun akibat pandemi menjadi makin menurun bahkan kehilangan mata pencaharian dengan pembatasan yang ada.

Bantuan yang diharapkan masyarakat dari pemerintah pun belum mampu mencukupi kebutuhan, bahkan pembagian bantuan sosial yang ada belum merata dirasakan masyarakat. Selain itu dilema dirasakan masyarakat, di sisi lain untuk keluar rumah beraktivitas virus Covid-19 masih mengancam jiwa, sementara di lain sisi bertahan di rumah dalam jangka waktu yang lama kematian mengancam akibat kelaparan.

Pemerintah yang harusnya bertugas menjamin masyarakat dalam segala aspek justru tidak mampu menjadi tumpuan harapan bagi masyarakat dengan kondisi saat ini, menurunnya kepercayaan terhadap pemerintah dengan segala kebijakan yang ada tidak mampu memberikan solusi terhadap masalah rakyat.

Pemerintah yang harusnya menjamin segala kebutuhan dan keselamatan jiwa rakyatnya belum mampu memberikan apa yang diharapkan masyarakat. Aturan dan segala kebijakan yang ada pun, membuat rakyat makin terpuruk dengan kondisi yang ada. Dibutuhkan adanya perbaikan terhadap sistem aturan yang ada, aturan yang mampu membuat masyarakat mampu keluar dari problematika dan sejahtera dalam kehidupan.

Putri Yunita Dewi

[hw/LM]

Please follow and like us:

Tentang Penulis