Khilafah Wajib dan Urgen Untuk Hentikan Penderitaan Palestina

Oleh: Yani Riyani
(Ibu Rumah Tangga) 

 

Lensa Media News – Di akhir bulan Ramadan kemarin rakyat Palestina kembali berduka akibat serangan tentara Israel. Sekitar 20 orang Palestina meninggal dunia termasuk anak-anak. Tentara Israel menyerang orang Palestina saat mereka sedang protes akibat penggusuran rumah orang Palestina di Yerusalem Timur. Sebagian umat muslim Palestina juga diserang ketika sedang melakukan ibadah.

Kota Al-Quds Palestina adalah kota yang bersejarah. Al-Quds tercatat berusia 5000 tahun lebih. Kota ini merupakan salah satu kota tertua di dunia. Al-Quds memiliki banyak nama terkait sejarah yang melatarbelakanginya. Penduduk yang pernah mendiami kota tersebut memberikan nama yang berbeda-beda. Bangsa Kan’an yang mendatangi kota Al-Quds 3000 tahun SM menamakannya Ursalim yang berarti kota perdamaian. Dan nama Ursalim yang dalam bahasa ibrani “Yerusalem”, yang berarti Baiti al maqdis (rumah suci). Bahkan dalam kitab taurat disebutkan sebanyak 680 kali.
Begitu terus menerus pergantian pemerintahan di negeri tersebut diantaranya yang pernah memerintah yaitu masa Firaun, Babilonia, Persia, dan Yahudi. Bahkan Khalifah Umar bin al- Khattab ra memasuki kota Al-Quds pada tahun 636 H/15 M. Setelah pasukan Islam menang di bawah kepemimpinan Abu Ubaidah bin Amir bin Jarrah. Sejak saat itu Al-Quds menerapkan aturan Islam pada puncak kejayaan masa Umayyah (661-750 M). Pada masa Abbasiyah (750-888 M) Al-Quds mengalami kebangkitan Ilmu di berbagai bidang.

Kenapa kita umat muslim harus peduli dengan Palestina? Karena Masjidil Aqsa adalah tempat singgah dalam perjalanan Isra dan Mi’raj, yang tercatat dalam QS. Al Isra ayat 1. Selain itu sebagai kiblat pertama umat Islam sebelum pindah ke Ka’bah (QS. Al -Baqarah ayat 143).

Palestina adalah tanah lahir para nabi dan makam para syuhada. Masjidil Aqsa adalah mesjid kedua yang dibangun di muka bumi setelah Masjidil Haram yang diresmikan oleh Nabi Ibrahim sebagai tempat berkumpulnya umat. Dan di Palestina pula tempat terbunuhnya Dajjal kelak. Rasulullah saw. bersabda, “Sesungguhnya Isa bin Maryam akan membunuh Dajjal di Bab Lud (gerbang Lod) (HR. Ahmad).

Namun, sejak keruntuhan peradaban Islam yang terakhir pada masa kekhilafahan Utsmaniyah oleh penjajah barat pada tanggal 3 Maret 1924 umat Islam semakin menderita. Khususnya Palestina yang leluasa dikuasai dan dijajah Israel. Untuk itu, wahai kaum muslim bangkitlah. Wujudkan kembali persatuan umat dengan hadirnya kembali seorang khalifah dalam institusi khilafah. Dengan kehadirannya niscaya akan menjadi perisai umat yang terzalimi khususnya Palestina. Dengan adanya khilafah kaum muslim berjihad fii sabilillah untuk menegakan agama Allah dan membebaskan rakyat Palestina dari kezaliman kaum Yahudi. Sesungguhnya pertolongan Allah amat dekat.
Dan janganlah engkau mengira bahwa Allah lengah dari apa yang diperbuat oleh orang zalim (QS. Ibrahim : 143)

Wallahu a’lam bishshawab. 

 

[ra/LM]

Please follow and like us:

Tentang Penulis