Perempuan Mulia Hanya dengan Islam

Oleh: Serli Junia

(Aktivis Muslimah Belitung)

 

Lensa Media News – Di tengah pandemi covid-19, angka kekerasan terhadap perempuan justru semakin meningkat. Tercatat sebanyak 20 kasus kekerasan terjadi di Kabupaten Belitung Timur sepanjang tahun 2020 lalu. Angka ini lebih tinggi dibandingkan angka kasus pada tahun 2019 yang hanya tercatat 13 kasus.

Kasus kekerasan terhadap perempuan ini terjadi karena faktor ekonomi, ketidakharmonisan keluarga, dan sejumlah faktor lainnya. Faktor ekonomi menjadi mayoritas penyebab meningkatnya kasus kekerasan terhadap perempuan. Adanya pemutusan hubungan kerja menyebabkan pemasukan keuangan keluarga berkurang sedangkan harga kebutuhan pokok semakin meningkat.

Dengan kata lain, kekerasan terhadap perempuan semakin menjadi-jadi sebagai akibat dari sistem kapitalisme yang diterapkan saat ini. Sistem sekulerisme kapitalisme yang menjamin kebebasan setiap individu, memungkinkan terjadinya peningkatan kekerasan terhadap perempuan. Tidak adanya keyakinan akan kehidupan akhirat membuat mereka bebas untuk melakukan perbuatan apapun karena hukuman yang diberikan dalam sistem kapitalisme tidak membuat efek jera bagi pelakunya.

Kekerasan terhadap perempuan benar-benar akan dihapuskan secara tuntas bila Islam diterapkan sebagai sistem kehidupan. Islam memandang semua manusia itu sama, yang membedakannya hanyalah ketakwaan. Laki-laki dan perempuan memiliki hak dan kewajiban yang harus mereka perhatikan, karena setiap perbuatan yang dilakukan akan dipertanggungjawabkan di hadapan Allah di akhirat kelak. Islam juga mengharuskan setiap manusia untuk terikat kepada hukum syara’ sepanjang hidupnya di dunia.

Di samping itu islam juga memiliki sanksi yang tegas dan membuat efek jera untuk semua kekerasan termasuk kekerasan terhadap perempuan. Lalu mengapa kita masih bertahan dengan sistem yang sudah jelas menyengsarakan rakyat? Padahal Allah sudah memberikan solusi untuk setiap permasalahan yang kita hadapi. Maka, kembali pada aturan Allah sajalah yang mampu menuntaskan semua problem perempuan dan manusia secara menyeluruh, sekaligus membawa ketenteraman pada masyarakat .

Wallahu’alam.

 

[lnr/LM]

Please follow and like us:

Tentang Penulis