Pernyataan mengejutkan kembali dilontarkan oleh Menko Polhukam Mahfud MD. Beliau mengatakan bahwa lockdown terkait penanganan covid-19 merupakan kebijakan yang tidak manusiawi dan tidak efektif. Alasannya, Italia yang sudah melakukan lockdown saja tidak mampu mengatasi wabah pandemi tersebut, malah korban terus berjatuhan.

Kebijakan menolak melakukan lockdown (mengunci akses keluar masuk suatu wilayah) secara nasional dengan menjadikan kegagalan lockdown Italia sebagai pertimbangan adalah salah kaprah. Pasalnya, Italia tergategori telat mengambil langkah lockdown, yang baru dilakukan setelah virus menyebar luas.

Oleh karena itu, Indonesia seyogianya bisa mengambil pelajaran dari apa yang terjadi di Italia dengan menyegerakan lockdown. Jangan sampai terjadi hal serupa karena telat mengambil tindakan.

Lockdown dalam situasi terjadi wabah pandemi merupakan tindakan paling urgent dan mendesak. Hal ini bukanlah kebijakan yang tidak manusiawi, melainkan upaya final yang harus segera dilakukan pemerintah untuk mencega meluasnya wilayah penyebaran virus, demi kelangsungan hidup manusia.

Namun, kebijakan lockdown membutuhkan kesiapan semua pihak utamanya negara, terkait jaminan kebutuhan utamanya pangan dan layanan kesehatan untuk seluruh warga negara. Semoga Indonesia segera memberlakukannya. Seiring korban positif corona yang sebentar lagi nampaknya mencapai angka ribuan jiwa.

Wallahu a’ lam bish showab.

 

Limi Ummu Ririn

(Kendari, Sulawesi Tenggara)

 

[ry/LM] 

Please follow and like us:

Tentang Penulis