Prihatin Kebumen Jadi Daerah Termiskin

Sungguh, sangat disayangkan kota yang terletak di salah satu bagian Jawa Tengah ini bisa menyandang predikat daerah termiskin di Jawa Tengah. Padahal Kabupaten Kebumen memiliki potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang ketika diolah secara benar akan membantu perekonomian dan kesejahteraan masyarakat sekitarnya.

Bayangkan saja Kebumen memiliki pesona wisata yang cukup banyak ditambah dengan berdirinya Geopark Karangsambung yang menyandang status Geopark Nasional tapi daerahnya merupakan daerah termiskin  di provinsinya.

Gelar Kabupaten Kebumen sebagai daerah miskin pun menuai perhatian dari banyak pihak. Meski demikian Pemda (Pemerintah Daerah) setempat tetap berupaya memperbaiki Kota Kebumen mulai dari tatanan layanan publik. Tapi sayang proyek tersebut justru dirasa pemborosan anggaran karena proyek digarap secara amatir seperti yang dikatakan Pemerhati Kebijakan Publik Kabupaten Kebumen, Arif Yuswandono.

Kemiskinan yang tak kunjung tuntas dan berbagai persoalan lain adalah bukti kegagalan pemerintah dalam meriayah masyarakat.  Lalu bagaimana bisa kita kembali berharap pada sistem yang telah nyata kegagalannya. Sudah saatnya kita menggunakan tatanan hidup yang jelas arah dan tujuannya serta mampu menjadi problem solver kehidupan. Maka tidak ada sistem lain kecuali sistem yang berasal dari Pencipta yakni Islam.

Wallahu’alam

Shafiyyah AL Khansa, Kebumen

 

[ln/LM] 

Please follow and like us:

Tentang Penulis